Jumat 29 Jan 2021 00:36 WIB

PUPR Bangun 61 Bendungan Hingga 2024

Bendungan itu meningkatkan kapasitas irigasi teknis dari 9 persen menjadi 20 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 61 bendungan yang ditargetkan selesai pada 2024 untuk meningkatkan kapasitas irigasi teknis dari 9 persen menjadi 20 persen.

“Dengan tambahan 61 bendungan kita harapkan 20 persen lahan irigasi teknis Indonesia bisa dialiri dengan air bendungan. Kalau dari air bendungan kita bisa atur jumlah airnya sehingga intensitas tanam bisa dinaikkan menjadi 2 kali setahun atau 3 kali per dua tahun,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Basuki, hingga 2024 selain bendungan, pemerintah menargetkan peningkatan kapasitas penyediaan air baku mencapai 50 meterkubik per detik, 500 ribu hektare irigasi baru dan rehabilitasi 2 juta hektare irigasi eksisting, dan revitalisasi 15 danau prioritas.

Selain itu, dilakukan peningkatan menjadi 100 persen akses terhadap air minum yang layak, 90 persen akses terhadap limbah domestik, serta 100 persen akses layanan sampah perkotaan. Upaya Kementerian PUPR tersebut dalam rangka mendukung ketahanan air yang mampu mendukung ketahanan pangan nasional.

photo
Foto udara kawasan Bendungan Pengga di Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah, NTB. Bendungan yang di bangun sekitar tahun 1994 tersebut di manfaatkan untuk mengairi Irigasi lahan sawah di Lombok Tengah bagian selatan dan Lombok Barat bagian selatan, pembangkit listrik mikrohydro 400 KVA, sebagai pengendali banjir serta sebagai destinasi wisata. - (ANTARA/Ahmad Subaidi)

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement