Kamis 28 Jan 2021 20:25 WIB

India Klaim Berhasil Tangani Pandemi Covid-19

Selama pekan terakhir, India mencatatkan kurang dari 20 ribu kasus baru Covid-19

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Menteri Kesehatan India Harsh Vardhan mengklaim negaranya telah berhasil mengatasi pandemi Covid-19. Hal itu didasarkan pada penurunan jumlah kasus baru di seluruh distrik di negara tersebut selama sepekan terakhir.

"Dengan pendekatan 'Seluruh Pemerintah' dan 'Seluruh Masyarakat' yang direncanakan oleh Perdana Menteri Narendra Modi, India telah berhasil mengatasi pandemi," kata Vardhan pada Kamis (28/1), dikutip laman RT.

Baca Juga

Dia mengungkapkan, selama tiga pekan terakhir, India mencatatkan kurang dari 20 ribu kasus baru Covid-19 per harinya. Jumlah itu menurun jika dibandingkan pada September tahun lalu yang hampir menembus 100 ribu kasus.

"146 distrik (dari 718 distrik di India) tidak ada kasus baru sejak tujuh hari terakhir, 18 distrik sejak 14 hari terakhir, enam distrik sejak 21 hari dan 21 distrik sejak 28 hari terakhir," papar Vardhan.

Jumlah kematian baru, kata Vardhan, menurun. Selama sebulan terakhir, korban meninggal akibat Covid-19 di India tetap berada di bawah 300 jiwa setiap harinya.

Vardhan mengungkapkan, negaranya pun telah menemukan 165 kasus varian baru SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Inggris. Semua pasien dipantau di bawah karantina dan pengawasan.

Sejauh ini India, yang memiliki populasi 1,3 miliar jiwa, telah mencatatkan 10,7 juta kasus Covid-19. Pandemi telah membunuh lebih dari 153 ribu warga di negara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement