Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Pembentukan Holding Pangan Ditargetkan Tahun Ini

Kamis 28 Jan 2021 19:39 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda

Kementerian BUMN akan menyiapkan holding pangan Indonesia. Ilustrasi

Foto:
Rencananya sembilan BUMN akan bergabung dalam sebuah holding sebelum akhir 2021

Pahala menyebut sinergitas antarlini, baik antarBUMN maupun dengan kementerian/lembaga terkait tak hanya akan menguatkan ketahanan pangan dalam negeri, melainkan juga membuat Indonesia menjadi produsen disegani di dunia. Untuk menuju ke sana, Pahala tak menampik bahwa hal tersebut memerlukan waktu, meski bukan hal yang mustahil.

"Indonesia memiliki potensi sebagai pemain kelas regional, minimal untuk komoditas gula karena RNI dan PTPN punya fasilitas produksi on form dengan luasan dan kapasitas produksi paling besar di Asia Tenggara," sambung Pahala.

Indonesia, lanjut Pahala, bahkan pernah menjadi eksportir gula. Pencapaian ini yang ingin kembali dilakukan BUMN dengan holding pangan. Pahala mengatakan Indonesia memerlukan perbaikan operasional, modernisasi pertanian, hingga recofusing pada industri gula. Kementerian BUMN, ucap Pahala, juga tengah menyusun peta jalan pemanfaatan sekitar 30 pabrik gula milik RNI dan PTPN agar mampu kembali produktif.

"Saya percaya ini bisa dilakukan tiga tahun sampai lima tahun sepanjang kita bisa secara fokus melakukan pengembangan secara baik," lanjut dia.

Pahala mengatakan peningkatan produktivitas gula guna menekan ketergantungan impor merupakan arahan dari Presiden Jokowi. Pahala menilai proses mengurangi ketergantungan akan impor gula akan dilakukan secara bertahap hingga 2024.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA