Kamis 28 Jan 2021 18:16 WIB

Bacaan dan Dzikir Bermanfaat Dibaca Malam dan Hari Jumat

Terdapat doa yang bagus dibaca pada malam dan hari Jumat

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat doa yang bagus dibaca pada malam dan hari Jumat  (Ilustrasi) Surah al-Kahfi di dalam Alquran
Foto: Ist
Terdapat doa yang bagus dibaca pada malam dan hari Jumat (Ilustrasi) Surah al-Kahfi di dalam Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Terdapat beberapa bacaan doa yang dianjurkan dibaca pada hari Jumat. Baik dzikir, maupun tilawah ini memiliki keistimewaan yang dapat diraih dengan membacanya khusus pada Jumat.

Selain melantunkan ayat Alquran dan berdzikir, umat Islam juga dianjurkan untuk banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW pada Jumat. 

Baca Juga

وعن أوس بن أوس رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ قال، قال رَسُول اللَّهِ ﷺ: إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة فأكثروا عليّ من الصلاة فيه فإن صلاتكم معروضة علي

"Sesungguhnya hari terbaik kalian adalah hari Jumat, perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku pada Jumat. Sebab tidak ada seorangpun yang membaca shalawat kepadaku di hari Jumat kecuali shalawat itu diberi tahu kepadaku." (HR Abu Dawud dari Aus bin Aus RA) 

 

Dilansir dari laman Mawdoo3 pada Kamis (28/1), bacaan lainnya yang dianjurkan pada Jumat yakni:

1. Membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat dan hari Jumat.

 عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة سطع له نور من تحت قدمه إلى عنان السماء يضيء له يوم القيامة ، وغفر له ما بين الجمعتين 

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka cahaya akan menerangi untuknya dari bawah telapak kakinya hingga ke langit dan menerangi untuknya pada hari kiamat serta diampunkan untuknya di antara dua Jumat" (dinukilkan al-Mundziri dalam al-Targhib wa al-Tarhib).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement