Kamis 28 Jan 2021 18:04 WIB

SDM Program Keluarga Harapan Kemensos Ikut Tanggap Bencana

Semua unsur SDM PKH di daerah terjun langsung dalam penanganan bencana

Rep: Amri Amrullah/ Red: Gita Amanda
Warga menggendong anaknya berada di dekat puing-puing rumah dan batang pohon yang terbawa arus akibat banjir bandang di Desa Arangani, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Bayu Pratama S
Warga menggendong anaknya berada di dekat puing-puing rumah dan batang pohon yang terbawa arus akibat banjir bandang di Desa Arangani, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya ikut mengentaskan kemiskinan, ratusan tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos) ikut andil terlibat langsung dalam penanganan bencana. Hal ini terkait kejadian awal 2021 ketika Indonesia dilanda berbagai bencana hidrometeorologi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terjadi 185 bencana mencakup Bencana hidrometeorologi, gelombang pasang dan gempa bumi sepanjang 1 hingga 21 Januari 2021. Kondisi inilah yang membuat keprihatinan tenaga SDM PKH untuk terlibat langsung dalam penanganan bencana.

Baca Juga

Semua unsur SDM PKH di daerah mulai dari Koordinator Wilayah (Korwil), Koordinator Kabupaten(Korkab)/ Koordinator Kota (Korkot), Administrator Pangkalan Data (APD) dan pendamping Sosial PKH terjun langsung dalam penanganan bencana dan membantu penyintas bencana, khususnya SDM PKH di daerah tempat terjadinya bencana.

Bersama dengan berbagai pihak, Dinas dan instansi di daerah berkolaborasi dalam penanganan bencana seperti Tagana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Perguruan Tinggi, Balai Besar Pendidikan & Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS), Poltekesos Bandung, dan Relawan-relawan di daerah.

Beragam kegiatan dilakukan oleh SDM PKH untuk membantu penyintas bencana, diantaranya Pembentukan Posko bencana,  terlibat di dapur umum, distribusi logistik kebutuhan pengungsi, dan Layanan Dukungan Psikososial (LDP). Peran SDM PKH membantu pelaksanaan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi penyintas bencana banjir baik anak anak dan orang tua.

"Membantu dalam pembagian kebutuhan pokok korban atau pengungsi, baik permakanan, pakaian dan kebutuhan lainnya” tutut SDM PKH Provinsi Kalimantan Selatan Dedi Hidayat dalam keterangan pers Kemensos, Kamis (28/1).

Keterlibatan Dedi dalam  penanganan bencana  banjir di Kalsel, terutama di shelter pengungsian BBPPKS Banjarmasin, lebih pada Layanan Dukungan Psikososial dalam bentuk pemberian ketrampilan Origami kepada anak-anak. "Mereka sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan ini. Selain itu saya juga membantu pengadaan bahan baku sembako untuk logistik  dengan berbelanja ke pasar", tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement