Kamis 28 Jan 2021 17:53 WIB

China: Kemerdekaan Taiwan Berarti Perang

China sebut ada segelintir orang yang mengusahakan kemerdekaan Taiwan.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Jet tempur China bayangi Taiwan (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/TAIWAN MINISTRY OF DEFENSE
Jet tempur China bayangi Taiwan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pemerintah China kembali melayangkan peringatan keras kepada Taiwan. Beijing menyebut deklarasi kemerdekaan pulau tersebut berarti perang.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian mengatakan ada segelintir orang yang mengusahakan kemerdekaan Taiwan. “Kami memperingatkan elemen 'kemerdekaan Taiwan', mereka yang bermain api akan membakar diri mereka sendiri, dan 'kemerdekaan Taiwan' berarti perang,” ujarnya dalam sebuah konferensi pers pada Kamis (28/1).

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Wu pun sempat ditanya tentang adanya pesawat pengebom China yang memasuki wilayah udara Taiwan baru-baru ini. Kegiatan militer yang dilakukan oleh Tentara Pembebasan Rakyat China di Selat Taiwan, kata Wu, merupakan tindakan yang diperlukan untuk mengatasi situasi keamanan saat ini di sana.

"Dan ini untuk menjaga kedaulatan dan keamanan nasional. Mereka adalah tanggapan serius terhadap campur tangan eksternal dan provokasi oleh pasukan 'kemerdekaan Taiwan," ucapnya menanggapi pertanyaan tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement