Jumat 29 Jan 2021 00:20 WIB

10 Negara Paling Berhasil Tangani Covid, Indonesia Termasuk?

Sebanyak 98 negara yang masuk dalam indeks tersebut dievaluasi dalam waktu 36 minggu.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Institute Lowy merilis Indeks Kinerja Covid-19 dari hampir 100 negara-negara di dunia. Indeks tersebut disusun untuk melihat keberhasilan negara-negara tersebut dalam menangani pandemi Covid-19. Tiga negara teratas dalam indeks tersebut yaitu Selandia Baru, Vietnam, dan Taiwan.

Disusul sejumlah negara lainnya yang masuk 10 besar antara lain Thailand, Siprus, Rwanda, Islandia, Australia, Latvia, dan Sri Lanka. Kesepuluh negara tersebut merupakan negara-negara dengan jumlah kasus dan kematian yang lebih sedikit baik secara agregat maupun per kapita.

Baca Juga

Indeks tersebut memperlihatkan bahwa negara-negara di Asia-Pasifik paling berhasil dalam mengatasi pandemi, sementara Eropa dan Amerika Serikat terkesan kewalahan oleh penyebaran Covid-19 yang cepat.

"Secara umum, negara dengan populasi yang lebih kecil, masyarakat yang kohesif, dan lembaga yang kapabel, memiliki keunggulan komparatif dalam menghadapi krisis global seperti pandemi," kata Lowy Institute dilansir dari Reuters, Rabu (27/1).

Indeks tersebut tidak termasuk China sebagai negara pertama yang ditemukannya kasus Covid-19. Alasannya karena kurangnya data yang tersedia untuk umum.

Lowy Institute juga memasukan Indonesia dalam daftar Indeks Kinerja Covid-19 ini. Menempati ranking berapakah Indonesia?

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement