Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Kritik Cuitan Abu Janda, BKN: Tidak Paham Adab

Kamis 28 Jan 2021 15:48 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agus Yulianto

Ustaz Rakhmad Zailani Kiki

Ustaz Rakhmad Zailani Kiki

Foto: Dokumentasi Pribadi.
Abu Janda mencuitkan bahwa agama Islam adalah agama yang arogan di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Aktivis Barisan Ksatria Nusantara (BKN) mengkritik cuitan Permadi Arya di media sosial tentang agama Islam sebagai agama pendatang dari Arab. Ketua BKN, Ustaz Rakhmad Zailani Kiki, dalam tulisannya yang diterima Republika,co.id pada Kamis (28/1) melalui aplikasi layanan pesan singkat mengatakan, pernyataan Permadi Arya menunjukkan bahwa pria yang lebih dikenal dengan nama Abu Janda itu tidak memiliki adab. 

Berikut tulisan lengkap Ustaz Rakhmad Zailani Kiki sebagai ketua BKN mengkritik cuitan Abu Janda.

Assalamu`alaikum, yang terhormat Saudara Permadi Arya aka Abu Janda. Tulisan ini saya buat untukmu, mewakili ulama dan aktivis Nahdatul Ulama (NU) yang tergabung di Barisan Ksatria Nusantara (BKN). Secara terbuka, kami menyatakan, bahwa kami sangat menyesali atas postinganmu di media sosial tentang Islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. Bagi kami, pernyataan Anda ini sudah offside, kontraproduktif, provokatif, dan blunder jika Anda masih menangku sebagai orang atau aktivis NU.

Kami melihat Anda belum paham tentang adab, sopan santun, di Ahlussunnah wal Jama`ah dalam melakukan kontra narasi terhadap kelompok Islam lain yang berbeda paham dengan NU atau ormas Islam wasatiyah lainnya. Anda juga belum paham tentang relasi ajaran Islam dengan bangsa Arab, relasi budaya Arab dengan ajaran Islam, dan relasi budaya Arab dengan budaya Nusantara. Dengan kata lain,   Anda masih sangat awam dengan tarikh, sejarah masuknya Islam di Nusantara, di Indonesia!

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA