Kamis 28 Jan 2021 15:19 WIB

Angela Merkel Kenapa Kau tak di Sini?

Angela Merkel meninggalkan kekuasan dengan tangisan rakyat Jerman.

 Kanselir Jerman Angela Merkel berpidato di depan media di Berlin, Jerman, Kamis, 19 November 2020 menyusul pertemuan virtual dewan Eropa.
Foto: AP/Michael Sohn/POOL AP
Kanselir Jerman Angela Merkel berpidato di depan media di Berlin, Jerman, Kamis, 19 November 2020 menyusul pertemuan virtual dewan Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh: Muhammad Subarkah, Jurnalis Republika.

Inilah kisah magis dari seorang perempuan Jerman yang menjadi kanselir, Angela Markel. Setelah 18 tahun berkuasa pada 7 Januari lalu, dia mengakhiri kekuasaannya dengan sangat manis. Kala dia berpidato di parlemen, tepuk tangan membahana selama enam menit. Di balkon, semuanya tertunduk sedih karena kehilangan wanita hebat ini.

Mereka kini menghela Jerman ke puncak dunia. Jerman kini memimpn Eropa. Presiden Rusia Putin sudah menyatakan, kini Jerman menjadi pemimpin dunia, posisinya setara dengan China. Jerman menjadi kandidat kuat pemain ekonomi utama dunia.

Semua kecemerlangan Jerman didapat oleh Merkel. Sebuah percakapan di grup Whatsapp para penulis yang tergabung dalam 'Satu Pena' menceritakannya. Sebuah tulisan kiriman dari penulis dan pakar komunikasi Sirkit Syah mengisahkan dengan manis. Begini tulisannya:

Jerman mengucapkan selamat tinggal kepada Merkel dengan tepuk tangan hangat selama enam menit.

Orang Jerman memilihnya untuk memimpin mereka dan dia memimpin 80 juta orang Jerman selama 18 tahun dengan kompetensi, keterampilan, dedikasi, dan ketulusan.

Selama 18 tahun kepemimpinannya atas otoritas di negaranya, tidak ada pelanggaran yang tercatat terhadapnya. Dia tidak menugaskan salah satu kerabatnya sebagai sekretaris. Dia tidak mengeklaim bahwa dia adalah pencipta kejayaan. Dia tidak  mendapatkan jutaan darinya, juga tidak ada yang menghibur hidupnya. Dia tidak menerima piagam dan janji, dia tidak melawan mereka yang mendahuluinya, dan tidak membubarkannya.  

Dia tidak mengucapkan omong koson. Dia tidak muncul di gang-gang Berlin untuk difoto.

Ini adalah (Angela Merkel) wanita yang dijuluki "Nyonya Dunia" dan digambarkan setara dengan enam juta pria.

Kemarin, Merkel meninggalkan posisi kepemimpinan partai dan menyerahkannya kepada orang-orang setelahnya. Dan Jerman serta rakyat Jerman berada dalam kondisi terbaik.

Reaksi Jerman belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Jerman. 

Semua orang pergi ke balkon rumah masing-masing dan bertepuk tangan untuknya secara spontan selama enam menit tepuk tangan hangat tanpa henti, tanpa penyair populer, penyanyi, dan seremoni ini atau itu. 

Jerman berdiri sebagai satu badan yang mengucapkan selamat tinggal kepada pemimpin Jerman, seorang fisikawan kimia yang tidak tergoda oleh mode atau lampu sorot dan tidak membeli real estat, mobil, kapal pesiar, dan pesawat pribadi. Dia sadar bahwa dia berasal dari bekas Jerman Timur.  

Dia meninggalkan posnya setelah meninggalkan Jerman di atas. Dia pergi dan kerabatnya tidak mengemis-ngemis kedudukan/jabatan.

Delapan belas tahun dia bekerja dan tidak mengganti pakaian lamanya.

   Tuhan, semoga beri berkat atas pemimpin yang diam ini.

   Tuhan, semoga beri berkat atas kebesaran Jerman.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement