Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

GP Ansor Harap Polri Makin Responsif dan Adil

Kamis 28 Jan 2021 11:57 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Ketua GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (kanan)  bersama Sekjen GP Ansor, Abdul Rochman (Kiri)

Ketua GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (kanan) bersama Sekjen GP Ansor, Abdul Rochman (Kiri)

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Listyo memiliki kapastitas yang sangat memadai untuk menjadi pemimpin tinggi Polri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor menaruh harapan kepada Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri dalam menjadikan Polri semakin responsif dan adil. Sekretaris Jenderal PP GP Ansor Abdul Rochman dalam pernyataannya, di Jakarta, Kamis (28/1) mengatakan bahwa Jenderal Listyo memiliki kapastitas yang sangat memadai untuk menjadi pemimpin tinggi Polri.

Berbekal dengan modal tersebut, publik sangat menaruh harapan besar mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri itu bisa membawa Polri lebih taktis dalam kinerjanya serta transparan. "Dengan cara ini, maka penegakan hukum yang berkeadilan akan tercipta," ujar Adung, sapaan akrab Abdul Rochman.

Ansor memberikan dukungan penuh kepada Jenderal Listyo yang telah dilantik menjadi Kapolri baru oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1) lalu, sehingga kepolisian Indonesia makin meningkatkan perlindungan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. "Sesuai arahan Gus Yaqut Cholil Qoumas (Ketua Umum GP Ansor), Ansor mendorong Pak Listyo agar membawa Polri semakin responsif dan adil dalam penegakan hukum. Dengan cara itu maka masyarakat akan merasa semakin tenang karena merasa semua terlindungi," ujar Adung.

Baca Juga

Sikap responsif tersebut, kata dia, antara lain bisa ditunjukkan kepolisian dengan proaktif dalam melakukan deteksi persoalan yang berkembang di tengah masyarakat.

Pemetaan masalah sejak dini tersebut selain mencegah gangguan yang lebih besar juga memberikan kepastian rasa aman kepada masyarakat, dan untuk mewujudkannya Polri tidak bisa bekerja sendiri.

"Di sinilah Polri di bawah Jenderal Listyo juga dituntut bisa berkolaborasi dengan stakeholder lain.Llebih-lebih di tengah pandemi Covid-19 yang sangat membutuhkan kerja sama sinergis berbagai pihak termasuk para ulama atau tokoh agama," kata Adung.

Di sisi lain, kata dia, masyarakat juga berharap kinerja Polri dalam penegakan hukum terus bisa ditingkatkan dengan modal semangat presisi dan prediktif seperti yang menjadi komitmennya, termasuk dalam menyelesaikan beberapa kasus hukum yang masih belum tuntas penanganannya.

Meski mengemban amanat yang tidak ringan karena bertugas di tengah masa pandemi, Adung mengatakan Ansor optimistis Jenderal Listyo mampu membawa Polri menjadi institusi yang makin berwibawa dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA