Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Siapkan Hal Ini Sebelum Vaksinasi Covid-19

Kamis 28 Jan 2021 11:12 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Vaksin Covid-19 (ilustrasi).

Vaksin Covid-19 (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Hindari olahraga berat dua jam sebelum dan sesudah vaksinasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai negara termasuk Indonesia telah memulai program vaksinasi Covid-19 untuk mengakhiri pandemi. Setelah memvaksin kelompok prioritas seperti petugas kesehatan dan lansia, selanjutnya sejumlah besar masyarakat akan disuntik vaksin.

Namun sebelum disuntik vaksin, seseorang dianjurkan untuk mempersiapkan diri dan memeriksa kondisi tubuh. Ahli epidemiologi di Mount Sinai South Nassau di Oceanside, New York, Aaron E Glatt, mengatakan secara umum, tidak ada hal spesifik yang harus dilakukan seseorang sebelum melakukan vaksin Covid-19.

Meski demikian, ada beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan sebelum disuntik vaksin, berikut penjelasannya: 

1. Jangan lupa minum obat alergi Anda

Beberapa kasus melaporkan kekambuhan alergi setelah disuntik vaksin Covid-19 dari Moderna dan Pfizer. Karenanya ,spesialis alergi dan imunologi di Northwell Health di Great Neck, Blanka Kaplan menyarankan untuk tetap mengonsumsi obat untuk alergi seperti obat antihistamin sebelum vaksin.

"Anda tidak boleh menghentikannya sebelum vaksinasi," kata Kaplan seperti dilansir di laman Web MD pada Kamis (28/1).

2. Minum obat penghilang rasa sakit

Kaplan menyarankan seseorang untuk tetap mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Selama ini, beberapa orang mengira bahwa mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen, naproxen, atau aspirin sebelum vaksinasi akan mengganggu respons imun terhadap vaksin. Padahal tidak ada data ilmiah yang mendukung hal itu.

Tetapi obat NSAID dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. "Karena itu kami tidak mengetahui dengan pasti apakah dan bagaimana NSAID memengaruhi reaksi alergi terhadap vaksin Covid. Saya menyarankan agar tidak mengonsumsi NSAID 2 jam sebelum atau setelah vaksinasi," kata Kaplan.

Baca juga : FDA: Hand Sanitizer dari Meksiko Mengandung Racun

3. Jangan minum alkohol sebelum vaksinasi

Menurut Kaplan, dalam beberapa keadaan, alkohol dapat mempercepat reaksi alergi. Karenanya dianjurkan tidak minum alkohol sebelum disuntik vaksin Covid-19.

4. Jangan berolahraga berat

Kaplan menyarankan untuk menghindari olahraga berat selama dua jam sebelum dan sesudah vaksinasi. Dia juga menyarankan untuk menghindari mandi air panas dua jam sebelum dan sesudah disuntik vaksin. Menurut dia, olahraga dan mandi air yang kuat dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

5. Prioritaskan sistem imun Anda

Menjaga sistem imun sebelum disuntik vaksin sangat penting. Pastikan Anda memenuhi asupan gizi dan vitamin harian. Sebuah perusahaan di Boston bahkan memasarkan Vacci-Prep, campuran vitamin C, A, dan D3, dicampur seng, selenium, asam amino, dan probiotik. Suplemen ini diyakini mampu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

6. Tidur yang nyenyak

Tidur yang cukup dan berkualitas sebelum melakukan suntik vaksin Covid-19 sangatlah penting. Bahkan disarankan untuk mengambil libur atau cuti ketika berencana di suntik vaksin.

"Ketika divaksin ada spektrum reaksi, seperti demam. Jadi ketika cuti, Anda bisa menggunakan waktunya untuk istirahat secara total," kata dia.

Memiliki tidur dan istirahat yang cukup juga sangat dianjurkan setelah penyuntikan vaksin kedua. Seseorang disebut akan mengalami reaksi yang lebih intens setelah dosis kedua, semisal nyeri tubuh, menggigil, dan demam ringan.

Baca juga : Dituding Masjid yang Haram, Ini Tanggapan Masjid Ayodhya

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA