Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Innalillahi, KSAD ke-17 Jenderal Wismoyo Arismunandar Wafat

Kamis 28 Jan 2021 09:04 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-17, Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-17, Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar.

Foto: Dok
Wismoyo Arismundar merupakan jenderal yang identik memakai arloji di tangan kanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Innalilahi wainnalilahi rojiun. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-17 (6 April 1993-13 Februari 1995), Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar (80 tahun) wafat pada Kamis (28/10). Almarhum mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan pada pukul 04.29 WIB.

Kabar itu dibenarkan oleh pengamat intelijen dan militer Susaningtyas Kertopati. "Telah berpulang ke rakhmatullah Bapak Jendral TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar mantan KSAD. Semoga Almarhum husnul khotimah," kata Nuning saat dikonfirmasi Republika, Senin.

Menurut dia, almarhum adalah guru bagi mereka yang mencintai negeri ini dan turut menjaga marwah TNI. Nuning pun masih ingat nasihat Wismoyo, salah satunya agar ia menjadi manusia yang pandai mendengar.

"Karena disitu letak kebesaran jiwamu! Jangan sombong, tidak ada surga bagi kalian dan mereka yang sombong! Cintailah negerimu seperti engkau mencintai dirimu sendiri!" kata Nuning.

Di mengaku, almarhum selalu mendidik anak buah dan juniornya untuk bersemangat dengan bertepuk tangan. Dia menambahkan, dengan bertepuk tangan maka hal itu menandakan seseorang masih punya semangat hidup. Selama hidupnya, Wismoyo memang dikenal sebagai jenderal yang memakai jam tangan di tangan kanan.

"Pak Wis pun mengajarkan kita menghargai waktu dengan pengeling-eling memakai arloji di tangan kanan. Sugeng tindak Pak Wismoyo sebagai kusuma bangsa," ucap Nuning.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA