Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Kemenag Siap Fasilitasi Pertemuan Berkala Ormas Islam

Kamis 28 Jan 2021 06:13 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani / Dea Alvi Soraya/ Red: Esthi Maharani

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Foto: Dok. Kemenag
Pertemuan antar ormas Islam ini tidak perlu dalam bentuk kegiatan formal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan siap memfasilitasi pertemuan berkala antar organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam. Hal ini diharapkan dapat merawat kembali ukhuwah Islamiyah di bumi nusantara.

Rencana ini disampaikan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, saat menerima kunjungan silaturahim jajaran pengurus Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di ruang kerja Menteri Agama, Kantor Kemenag Jalan MH Thamrin Jakarta, Rabu (27/1) kemarin.

Menurut Menag, masalah yang dihadapi bangsa Indonesia, yang dihuni mayoritas muslim saat ini, adalah berkurangnya atau semakin menipisnya jalinan Ukhuwah Islamiyah sesama umat Islam.

"Saya sempat ditanya Presiden Joko Widodo mengapa harus membangun Ukhuwah Islamiyah. Saya jawab bangsa Indonesia dihuni mayoritas Muslim, bila sesama Muslim dapat menjaga dan merawat semangat Ukhuwah Islamiyah maka negara ini akan damai dan sejahtera," ujar Menag Yaqut, dalam keterangan yang didapat Republika, Kamis (28/1).

Ia menuturkan, pertemuan antar ormas Islam ini tidak perlu dalam bentuk kegiatan formal. Pertemuan itu bisa dilakukan dalam bentuk kegiatan santai, tetapi penuh dengan suasana keakraban.

Menag mencontohkan, pertemuan bisa dimulai dengan menggelar coffee morning, dalam rangka menjalin dan merajut semangat ukuwah Islamiyah sesana Muslim.

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut pun meminta dukungan kepada jajaran pengurus KAHMI atas rencananya tersebut.

"Meski semangat Ukhuwah Islamiyah menjadi prioritas bagi ormas keagamaan Islam, ormas keagamaan di luar Islam juga tetap kita rangkul," kata dia.

Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI, Viva Yoga Mauladi, menyambut baik rencana tersebut. Ia pun menyampaikan dukungannya terhadap rencana tersebut.

"Terima kasih atas waktu yang diberikan Bapak Menteri Agama kepada KAHMI. Tentunya kami sangat mendukung rencana pertemuan secara berkala dengan ormas-ormas Islam dalam rangka menjalin semangat Ukhuwah Islamiyah," ucap Viva. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA