Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Fakta tentang Penurunan Berat Badan yang Sehat dan Tepat

Kamis 28 Jan 2021 03:28 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Penurunan berat badan. Penurunan berat badan yang sehat berkisar antara satu hingga dua pon per minggu

Foto:
Penurunan berat badan yang sehat berkisar antara satu hingga dua pon per minggu

Selain itu, terkadang penurunan berat badan dapat terlihat pada ukuran pakaian  terlebih dahulu. Pakaian lama atau sering Anda gunakan yang menjadi lebih longar adalah indikasi, bahkan sebelum angka pada timbangan memang menurun. 

“Berhati-hatilah dengan timbangan sebagai satu-satunya indikator perubahan berat badan, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi angka ini,” jelas Schapiro. 

Keseimbangan natrium dan air, pola makan dan kebiasaan aktivitas fisik, durasi tidur, suhu tubuh, dan waktu adalah hal-hal yang dapat mengubah angka timbangan. Usaha untuk kesuksesan penurunan berat badan pada dasarnya untuk setiap orang berbeda. 

“Beberapa pasien saya menurunkan berat badan di wajah mereka terlebih dahulu, dan beberapa di perut mereka, dan beberapa di area lain,” kata ahli gizi Kristin Kirkpatrick. 

Salah satu cara untuk mengetahui Anda telah mengalami penurunan berat badan adalah dengan mengukur lingkar pinggang, serta memantaunya dari waktu ke waktu. Pengukuran ini juga merupakan indikator kesehatan yang baik, di mana lingkar pinggang berlebih bisa menjadi awal dari berbagai masalah kesehatan terkait obesitas. 

Satu hal yang penting, jangan pernah mencemaskan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat penurunan berat badan. Lebih baik untuk fokus pada proses saat melakukannya. 

Perlu diketahui, berat badan dapat bekurang lebih cepat saat Anda tidak merasa stres karena berharap hal itu terjadi lebih cepat. Kemudian, satu hal penting lainnya adalah konsisten untuk menjalani pola hidup sehat, dibandingkan selalu melihat angka pada timbangan. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA