Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Vaksinasi di Kota Cirebon Dimulai Jumat Ini

Rabu 27 Jan 2021 22:03 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ilham Tirta

Petugas medis menunjukkan vaksin COVID-19 Sinovac sebelum penyuntikan. (Ilustrasi).

Petugas medis menunjukkan vaksin COVID-19 Sinovac sebelum penyuntikan. (Ilustrasi).

Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Masyarakat diminta tetap menjaga prokes karena vaksin baru untuk tenaga kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Vaksin Covid-19 tiba di Kota Cirebon pada Rabu (27/1). Karena itu, kegiatan vaksinasi Covid-19 di daerah tersebut rencananya akan dimulai Jumat (29/1).

Vaksin yang diangkut dari Bandung menggunakan mobil boks berpendingin itu tiba di UPT Farmasi Kota Cirebon sekitar pukul 13.00 WIB. Vaksin yang dikemas ke dalam sejumlah boks warna putih langsung disimpan ke cold chain yang ada di gudang tersebut.

Suhu tempat penyimpanan vaksin diatur 2 - 8 derajat selcius untuk menjaga kondisi vaksin tidak rusak. Sesudah vaksin masuk, penjagaan ketat dari polisi dan TNI dilakukan di gudang tersebut.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis mengaku senang dengan kedatangan vaksin tersebut. "Terima kasih kepada pemerintah yang telah mengirimkan vaksin ke Kota Cirebon,’’ kata Azis.

Azis optimis, kedatangan vaksin akan menambah imun dan keyakinan warga Kota Cirebon dalam menghadapi pandemi Covid-19. Meski demikian, dia mengingatkan warganya agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga : Masjid Birmingham Tenangkan Kekhawatiran Soal Vaksin Covid

Hal itu dikarenakan belum semua masyarakat memperoleh vaksin. Untuk saat ini, vaksinasi diprioritaskan bagi tenaga kesehatan. "Tetap waspada,’’ tegas Azis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto menyebutkan, jumlah vaksin yang diterima Kota Cirebon hari ini sebanyak 4.600 vaksin. Sedangkan untuk vaksinasi, akan dimulai pada Jumat (29/1) di 22 puskesmas dan rumah sakit yang ditunjuk di Kota Cirebon.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA