Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Dirjen Dikti Ingatkan Pentingnya Sinergi Pentahelix

Rabu 27 Jan 2021 20:37 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Mas Alamil Huda

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Plt Dirjen Dikti), Nizam.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Plt Dirjen Dikti), Nizam.

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Sinergi demi membangun sumber daya manusia unggul dengan semangat kemerdekaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, mengingatkan, saat ini perguruan tinggi harus bergandengan tangan dan bergotong royong dengan pemerintah, swasta, masyarakat industri, dan media atau disebut sinergi pentahelix. Hal ini demi membangun sumber daya manusia unggul dengan semangat kemerdekaan dan semangat Kampus Merdeka.

"Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul yang kreatif dan inovatif, perguruan tinggi harus bergotong-royong, seperti semangat Indonesia untuk melahirkan republik tercinta ini, yang dimulai dengan rakyat dan seluruh kekuatan elemen bangsa bergotong-royong mewujudkan kemerdekaan tersebut," ujar Nizam saat menghadiri Dies Natalis ke-55 Yayasan Trisakti, Rabu (27/1).

Dalam keterangannya, Nizam menyampaikan, saat ini semua cepat berubah dengan dinamika zaman yang ditandai dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Dampaknya mengharuskan kita semua untuk bisa beradaptasi dengan cepat dari tahun kemarin hingga saat ini.

Nizam juga menyampaikan seluruh dunia juga masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19, situasi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. "Kita tidak mungkin menghasilkan manusia unggul hanya berdasarkan dari satu sisi akademik atau dari vokasi. Kita harus bersama-sama dengan perguruan tinggi, dengan pemerintah, dengan masyarakat, dengan dunia kerja dengan dunia industri dan dengan media massa membangun manusia unggul," kata dia lagi.

Nizam pun mengajak untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa untuk saling mengisi, menopang dan bergotong royong. Untuk peringatan ulang tahun Yayasan Trisakti yang ke-55, Nizam mengucapkan selamat kepada seluruh keluarga besar Trisakti, dengan kekuatan dan semangatnya selama ini telah berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia melalui pendidikan, serta memberikan yang terbaik untuk anak bangsa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA