Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Seperti Apa Respons dan Dampak Zakat di Amerika Serikat?

Rabu 27 Jan 2021 19:12 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Zakat di Amerika serikat sempat dicitrakan sebagai bagian teroris. Bendera Amerika Serikat

Zakat di Amerika serikat sempat dicitrakan sebagai bagian teroris. Bendera Amerika Serikat

Foto: anbsoft.com
Zakat di Amerika serikat sempat dicitrakan sebagai bagian teroris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Awalnya citra zakat, infak, dan sedekah di Amerika Serikat buruk dan dikaitkan dengan teroris. Sekarang citranya semakin baik dan banyak berkontribusi terhadap masyarakat Amerika Serikat.

Associate Professor University of California Riverside, Prof Muhamad Ali, mengatakan kalau bicara tentang Islam di Amerika Serikat dan di Barat secara umum, citra negatifnya masih cukup kuat dan zakat salah satunya. Biasanya zakat atau yang dikenal sebagai charity sering dihubungkan dengan teroris terutama setelah peristiwa 11 September. 

"Jadi ada beberapa yayasan di Amerika yang dianggap dan dituduh ikut terlibat dalam membiayai teroris di luar negeri," kata Prof Ali saat Webinar Jurnalisme Zakat bertema Zakat dan Jurnalisme: Ujian Pandemi dan Tantangan Era Digital yang diselenggarakan Baznas pada Rabu (27/1). 

Baca Juga

Dia menerangkan, citra negatif ini terjadi sejak 2001. Sampai harus dibuktikan apakah lembaga charity milik Muslim di Amerika Serikat tidak terlibat dalam membiayai gerakan-gerakan yang dianggap sebagai musuh Amerika Serikat.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA