Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

DPR Pertanyakan Kedatangan 153 TKA China saat PPKM

Rabu 27 Jan 2021 18:12 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
TKA China tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten pada Sabtu (24/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyayangkan, kedatangan 153 tenaga kerja asing (TKA) asal China saat Indonesia tengah melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Termasuk, melarang masuknya warga negara asing (WNA).

"Pemerintah harus menjelaskan alasan para TKA tersebut mendapatkan pengecualian dari aturan larangan WNA masuk ke Indonesia, mengingat hal tersebut meresahkan masyarakat," ujar Azis lewat keterangannya, Rabu (27/1).

Dia meminta, pemerintah untuk dapat menjelaskan jenis-jenis sektor yang akan diisi oleh TKA. Juga urgensi kedatangan TKA asal China di tengah kondisi jutaan masyarakat Indonesia yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19.

"Mengapa diutamakan TKA, perusahaan yang bersangkutan harus lebih mengutamakan masyarakat Indonesia di saat pendemi seperti ini," ujar Azis.

Pemerintah didorong untuk berkomitmen dalam menerapkan seluruh kebijakan penanganan Covid-19. Sehingga seluruh upaya penanganan dapat efektif dan berhasil untuk menuntaskan pandemi.

"Harus dapat memastikan seluruh TKA yang masuk sehat dan tidak membawa virus Corona varian baru ke Indonesia," ujar Azis.

photo
Puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China masuk ke Indonesia saat PPKM. - ( ANTARA/Syifa Yulinnas)
 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA