Rabu 27 Jan 2021 17:44 WIB

Australia tanpa Kasus Baru Lokal Covid-19 dalam 10 Hari

NSW, negara bagian terpadat di Australia, berharap dapat melonggarkan pembatasan

Red: Nur Aini
 Petugas kesehatan New South Wales (NSW) melakukan tes COVID-19, ilustrasi
Foto: EPA-EFE/DEAN LEWINS
Petugas kesehatan New South Wales (NSW) melakukan tes COVID-19, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Australia pada Rabu (27/1) memasuki hari ke-10 tanpa kasus baru lokal Covid-19 dengan New South Wales (NSW) berharap untuk melonggarkan pembatasan sosial pekan ini setelah mengendalikan klaster yang menyebar cepat.

NSW, negara bagian terpadat di Australia, tidak mencatat kasus lokal infeksi corona selama 10 hari setelah mencatat jumlah rendah kasus harian satu digit pada awal Januari. Negara Bagian Victoria, yang menjadi tuan rumah turnamen tenis Australia Terbuka, sudah tiga pekan ini tidak mencatat kasus lokal Covid-19.

Baca Juga

Sementara, negara-negara bagian dan daerah lain di Australia yang sebagian besar bebas Covid-19, beberapa di antaranya sudah berbulan-bulan bebas pandemi itu, akan melaporkan jumlah kasus harian pada Rabu malam (27/1). Namun, diperkirakan tidak akan ada yang melaporkan kasus infeksi lokal.

Keberhasilan Australia dalam menekan wabah kecil, dengan total 22.000 kasus lokal Covid-19 sejak Maret 2020 dengan 909 kematian, terjadi pada saat kasus virus corona global mendekati angka 100 juta dan jumlah kematian melebihi dua juta orang.

Kampanye iklan akan diluncurkan pada Rabu malam untuk mendorong orang-orang menggunakan vaksin Covid-19 setelah regulator Australia pekan ini menyetujui vaksin Pfizer-BioNtech. Gerakan vaksinasi di Australia diperkirakan mulai dilaksanakanpada akhir Februari.

NSW mewajibkan pemakaian masker di tempat-tempat dalam ruangan, seperti pusat perbelanjaan dan bioskop. Negara bagian tersebut juga memberlakukan pembatasan pertemuan publik dan melarang sementara pembukaan lantai dansa, bahkan kelab malam, agar berhasil mengekang wabah Covid-19 di daerah pantai utara dan pinggiran barat Sydney.

Wabah tersebut menyebabkan negara-negara bagian dan daerah lain di Australia menutup perbatasan atau membatasi perjalanan dari NSW.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement