Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

17 Ribu Lebih Petak Makam Covid Tambahan, Disiapkan

Rabu 27 Jan 2021 17:51 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria atau Ariza di Balai Kota DKI, Jumat (24/7).

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria atau Ariza di Balai Kota DKI, Jumat (24/7).

Foto: Eva Rianti
Pemprov DKI akan menambah kapasitas pemakaman sekitar 1.000 petak setiap bulan. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, tengah menyiapkan penambahan lahan makam khusus jenazah yang meninggal akibat Covid-19. Ariza menyebut, ada sekitar 17 ribu lebih petak makam yang disiapkan di beberapa tempat pemakaman umum (TPU).

"Insya Allah, di bulan depan secara bertahap kita akan mempersiapkan tidak kurang daro 17.100 petak (makam)," kata Ariza saat meninjau kesiapan TPU Rorotan, Jakarta Utara, Rabu (27/1).

Salah satu lahan pemakaman khusus Covid-19 yang tengah dipersiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta adalah TPU Rorotan. Ariza mengungkapkan, total luas lahan yang ada di TPU itu mencapai 25 hektare.

Namun, kata dia, lahan pemakaman yang sedang dipersiapkan di TPU Rorotan seluas 8 ribu meter persegi dengan kapasitas 1.500 petak makam. Menurutnya, lokasi itu sudah dapat difungsikan pada pekan depan.

"Insya Allah, minggu depan sudah bisa difungsikan. Sekarang dalam proses penyiapan akses jalan menuju tempat pemakaman," ungkap Ariza.

Selain itu, sambung dia, Pemprov DKI juga tengah menyiapkan lahan pemakaman di TPU Bambu Apus Jakarta Timur. Dia menuturkan, di lokasi ini, lahan yang disiapkan memiliki luas 3 ribu meter persegi dan daya tampung 800 petak makam.

 

 

 
photo
Petugas menggunakan kendaraan alat berat saat menggarap lahan yang akan dijadikan lokasi pemakaman khusus Covid-19 di kawasan Rorotan, Jakarta Utara, Selasa (5/1). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 1.500 lubang makam khusus jenazah COVID-19 di TPU Rorotan dan akan bertambah 1.500 liang lahat lagi pada tahap kedua. - (Republika/Putra M. Akbar)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA