Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Anggota Komisi III Duga Makalah Calon Hakim Agung Plagiat

Rabu 27 Jan 2021 17:41 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto

Calon Hakim Agung Tata Usaha Negara (TUN) khusus pajak Triyono Martanto (kiri) memaparkan makalahnya dalam uji kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR RI, kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Komisi III menghentikan uji kelayakan calon Hakim Agung Tata Usaha Negara (TUN) tersebut karena  anggota Komisi III Ichsan Soelistio menemukan indikasi plagiat pada makalah yang dibuat Triyono.

Calon Hakim Agung Tata Usaha Negara (TUN) khusus pajak Triyono Martanto (kiri) memaparkan makalahnya dalam uji kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR RI, kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Komisi III menghentikan uji kelayakan calon Hakim Agung Tata Usaha Negara (TUN) tersebut karena anggota Komisi III Ichsan Soelistio menemukan indikasi plagiat pada makalah yang dibuat Triyono.

Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Namun, Triyono membantah bahwa makalahnya plagiat dari jurnal orang lain. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi III DPR menggelar uji kelaikan dan kepatutan terhadap calon Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara Khusus Pajak Triyono Martanto. Namun, forum tersebut terpaksa dihentikan karena makalah miliknya diduga plagiat.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi III Fraksi PDIP Ichsan Soelistio, yang membandingkan makalah milik Triyono dengan jurnal milik Rio Bravestha dan Sofyan Hadi. Di mana kedua makalah tersebut sama-sama membahas eksistensi dan independensi pengadilan pajak dalam sistem peradilan Indonesia.

"Halaman satu paragraf satu, bapak menulis penyelarasan organisasi administrasi dan finansial yang berada di bawah Mahkamah Agung dan seterusnya. Di mana ini sama dengan halaman 11 paragraf dua dari jurnal  yang ditulis oleh Rio Bravestha dan Syofyan Hadi," ujar Ichsan di Ruang Rapat Komisi III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (27/1).

Hal yang sama juga terdapat di paragraf dua halaman kedua makalah milik Triyono. Ia menilai, poin tersebut sama dengan jurnal milik Rio dan Syofan di halaman 11 dan 12.

photo
Anggota Komisi III Ichsan Soelistio menjabarkan temuan indikasi plagiat pada makalah Calon Hakim Agung Tata Usaha Negara (TUN) khusus pajak Triyono Martanto dalam uji kelayakan di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Komisi III menghentikan uji kelayakan calon Hakim Agung Tata Usaha Negara (TUN) tersebut karena indikasi plagiat tersebut. - (ANTARA/Aditya Pradana Putra)
 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA