Rabu 27 Jan 2021 16:50 WIB

Ini Masukan LPSK pada Kapori Listyo Sigit Prabowo

Polri harus kembali mampu mengayomi dan melindungi masyarakat tanpa kecuali.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus Yulianto
Maneger Nasution
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Maneger Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Maneger Nasution memberi sejumlah masukan pada Listyo Sigit yang baru saja diangkat sebagai Kapolri. Maneger berharap, masukannya dapat didengar demi perbaikan institusi Polri.

Maneger mengingatkan Listyo Sigit agar menuntaskan reformasi Kepolisian dengan mengacu pada mandat konstitusional. Listyo Sigit juga dipandang perlu membangun soliditas Korps Bhayangkara guna memupus potensi resistensi di internal Polri. 

"Komjen Listyo nantinya akan dihadapkan dengan resistensi jenderal-jenderal yang lebih senior saat menjadi orang nomor satu di Polri," kata Maneger dalam keterangan resminya yang diterima Republika pada Rabu (27/1).

"Ia harus bisa mengatasi potensi resistensi para senior yang (merasa) dilompati dan mengakomodasi berbagai kepentingan di internal Polri," katanya lagi.

Maneger kemudian menyoroti terjadinya surplus Pati dan Kombes di tubuh Polri sehingga perlu ditata agar lebih seimbang. Ia menekankan agar Polri jangan hanya menebar anggotanya untuk berkarier di luar institusi Polri. 

"Apalagi di tengah kritik terhadap Polri yang banyak menduduki jabatan publik dan posisi strategis di luar tubuh Polri," ujar mantan anggota Komisioner Komnas HAM itu.

photo
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengikuti upacara pelantikan yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Listyo Sigid Prabowo dilantik menjadi Kapolri menggantikan Idham Azis yang memasuki masa pensiun. - (ANTARA FOTO/HO/Setpres-Laily Rachev)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement