Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Republika Penerbit Gelar Workshop Penulisan Verse Novel

Rabu 27 Jan 2021 15:02 WIB

Red: Irwan Kelana

Ary Nilandari dan verse novel karyanya yang berjudul  Garuda Gaganeswara.

Ary Nilandari dan verse novel karyanya yang berjudul Garuda Gaganeswara.

Foto: Dok Republika Penerbit
Workshop  itu menampilkan penulis verse novel Ary Nilandari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Verse novel masih terasa asing bagi pembaca, bahkan mungkin bagi sebagian penulis, Indonesia. Padahal, genre ini telah populer dalam literasi anak dan remaja di Barat.

November 2020, Ary Nilandari menerbitkan Garuda Gaganeswara, buku anak yang ditulis dalam format verse novel. Cerita buku yang diterbitkan Republika Penerbit ini ditampilkan dalam bentuk bait-bait. Bagi Ary, GG merupakan buku verse novel kedua. Sebelumnya, penulis produktif ini telah menerbitkan Pudar, verse novel untuk remaja.

Saat ini, belum banyak penulis Indonesia menuangkan karya dalam format verse novel. Untuk mengenalkan sekaligus berbagi pengalaman, Republika Penerbit dan Ary Nilandari akan menyelenggarakan pelatihan menulis verse novel. “GG ditulis dengan format Verse Novel, yaitu novel dalam bentuk bait-bait. Namun masih sulit ditemukan di Indonesia. Itu sebabnya, untuk memperkenalkan genre ini aku dan penerbit Republika akan mengadakan workshop penulisan verse novel,” ungkap Ary melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (27/1). 

Dalam pelatihan yang akan dilaksanakan pada Ahad, 7 Februari 2021 via Zoom App  ini Ary Nilandari akan berbagi tentang verse novel dan elemennya, jenis-jenis puisi yang dapat digunakan dalam verse novel, serta bagaimana mengubah prosa menjadi puisi naratif. “Berdasarkan riset dan pengalaman membaca serta menulis verse novel, nanti kita akan berinteraksi langsung menggali ide sambil merambah wilayah yang belum banyak dikunjungi orang ini,” jelas Ary Nilandari.

Ia menambahkan, ada dua cara untuk  bisa ikut pelatihan menulis yang akan memperkaya bacaan lokal ini. Pertama, peserta membeli buku Garuda Gaganeswara di website bukurepublika dan semua official store bukurepublika di semua marketplace selama periode 28 Januari – 4 Februari 2021.

Kedua, kata dia, membuat review, ini bagi yang sudah memiliki bukunya, dengan memuat foto asli buku di Instagram dengan hastag #versenovelgarudagaganeswara. Lalu kirimkan link review ke Republika Penerbit.

“Info lebih lanjut bisa dilihat di media sosial bukurepublika. Jangan lewatkan,” kata Ary.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA