Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Syekh Sudais Berencana Tanam Pohon di Halaman Masjidil Haram

Rabu 27 Jan 2021 14:37 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Syekh Sudais Berencana Tanam Pohon di Halaman Masjidil Haram. Ketua Umum Dewan Pimpinan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Abdurrahman as-Sudais.

Syekh Sudais Berencana Tanam Pohon di Halaman Masjidil Haram. Ketua Umum Dewan Pimpinan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Abdurrahman as-Sudais.

Foto: Istimewa
Menanam pohon bertujuan mengurangi suhu dan tingkat polusi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kepala Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, mengungkapkan rencana menanam pohon di halaman Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. Ia mengatakan, usulan untuk menanam pohon di halaman Masjid al-Haram itu sejalan dengan Visi 2030 Arab Saudi, yang berupaya memberikan kualitas hidup bagi para peziarah dan jamaah.

Sheikh Al-Sudais menekankan perlunya menyesuaikan diri dengan rencana dan strategi pembangunan berkelanjutan untuk mengurangi efek perubahan iklim. Langkah tersebut bertujuan mengurangi suhu dan tingkat polusi, meningkatkan kualitas udara, dan mengubah halaman masjid menjadi ramah lingkungan, melalui dekorasi dan peneduh yang sesuai dengan kondisi iklim wilayah tersebut.

Ia menambahkan, usulan penghijauan halaman Masjid al-Haram tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup, sekaligus memperkaya pengalaman mereka yang berkunjung ke Dua Masjid Suci tersebut. Selain itu, upaya tersebut juga bertujuan melestarikan sumber daya alam melalui penggunaan kembali air untuk wudhu untuk keperluan irigasi.

Baca Juga

"Usulan tersebut membutuhkan kajian ilmiah, teknis, dan operasional sehingga tidak mempengaruhi wilayah yang ditetapkan untuk sholat atau pergerakan jamaah," kata al-Sudais, dilansir di Saudi Gazette, Rabu (27/1).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA