Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

IMF Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Rabu 27 Jan 2021 13:46 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

Foto: pixabay
IMF menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Laporan Dana Moneter Internasional (IMF) terbaru menunjukkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi 1,9 persen year on year (yoy). Ekonomi akan mengalami rebound pada tahun ini dan tahun depan dengan pertumbuhan di level 4,8 persen dan enam persen.

Meski demikian, proyeksi IMF untuk tahun ini sebenarnya mengalami penurunan dibandingkan proyeksi terdahulu. Semula, melalui laporan World Economic Outlook (WEO) pada Oktober, IMF masih memperhitungkan ekonomi dapat tumbuh di level 6,1 persen.

Revisi ke bawah itu dikarenakan ketidakpastian seputar prospek pertumbuhan ekonomi yang lebih besar dibandingkan biasanya, terutama terkait vaksinasi. Apabila vaksinasi dilakukan lebih awal secara meluas akan membantu mendorong ekonomi. Tapi, jika ditunda, dapat menyebabkan pandemi lebih berlarut sehingga menjadi risiko yang memperlambat ekonomi,

Baca Juga

"Dampak keuangan secara makro dari pandemi dan kemerosotan ekonomi bisa lebih besar dari yang diperkirakan. Selain itu, perbaikan kondisi kredit juga akan lambat," ucap Mission Chief IMF untuk Indonesia, Thomas Helbling dalam diskusi virtual mengenai perekonomian Indonesia untuk Konsultasi Article IV pada 25 November-11 Desember 2020.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA