Rabu 27 Jan 2021 13:20 WIB

Enam Tewas dan 8.000 Rumah Rusak Akibat Topan di Mozambik

Pengungsi menghadapi risiko terinfeksi virus corona.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Enam Tewas dan 8.000 Rumah Rusak Akibat Topan di Mozambik
Foto: EPA
Enam Tewas dan 8.000 Rumah Rusak Akibat Topan di Mozambik

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Sedikitnya enam orang tewas dan lebih dari 175 ribu orang terkena dampak topan tropis Eloise yang melanda Mozambik pada pekan lalu. Lebih dari 8.000 rumah hancur akibat diterjang banjir. 

"Badai itu menghantam ibu kota Sofala, Beira pada 23 Januari, dan menyebabkan banjir setinggi pinggang dalam banjir yang dipenuhi puing-puing di beberapa daerah," menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dilansir dari Anadolu Agency, Rabu (27/1).

Baca Juga

Menurut IOM, akibat banyak rumah yang diterjang banjir mengharuskan penduduk untuk mengungsi. Banyak dari mereka juga meninggalkan persediaan makanan, peralatan pertanian dan benih.

"Mereka yang memiliki penyakit kronis tidak bisa mendapatkan obat-obatan karena badai memaksa mereka mengungsi dengan hanya membawa pakaian di badan mereka. Mereka juga menghadapi risiko terinfeksi virus corona karena banyak yang kehilangan masker," kata IOM.

IOM mengatakan 32 pusat akomodasi telah diaktifkan di provinsi Sofala untuk menyediakan tempat penampungan sementara bagi lebih dari 15 ribu pria, wanita dan anak-anak. Sekolah, fasilitas pemerintah, dan bangunan keagamaan digunakan untuk menampung keluarga pengungsi. Warga juga mengalami pemadaman listrik.

 

https://www.aa.com.tr/en/africa/mozambique-6-killed-8-000-homes-damaged-in-cyclone/2123676

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement