Rabu 27 Jan 2021 13:04 WIB

Biden Peringatkan Putin dalam Panggilan Pertama

Kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan kontak di masa mendatang.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
 Presiden Joe Biden.
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden Joe Biden.

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON--Gedung Putih mengatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin mengenai isu campur tangan Moskow di pemilihan umum AS. Peringatan ini disampaikan dalam sambungan telepon pertama Biden ke Putin sebagai presiden AS.

Dalam pembicaraan tersebut kedua kepala negara juga membahas unjuk rasa yang sedang gejolak di Rusia dan perpanjangan perjanjian senjata nuklir AS-Rusia. Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan Rusia, Putin menyampaikan selamat atas dilantiknya Biden.

Baca Juga

Pada Rabu (27/1) BBC melaporkan kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan kontak di masa mendatang. Mantan Presiden Donald Trump kerap menghalangi pemerintahnya untuk bersikap keras terhadap Rusia. Ia juga kerap dituduh terlalu menghormati Putin.

Namun Pemerintah Barack Obama, saat Biden menjabat sebagai wakil presiden, juga dianggap gagal mencegah Kremlin menganeksasi Krimea, sebelah timur Ukraina pada 2014 lalu dan memperkuat posisi di Suriah.

"Presiden Biden menegaskan AS akan bertindak tegas dalam mempertahankan kepentingan nasional dalam merespon aksi Rusia yang merugikan kami atau sekutu kami," kata AS dalam pernyataannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement