Rabu 27 Jan 2021 12:08 WIB

BI Luncurkan Laporan Akuntabilitas Tahun 2020

Publikasi Laporan Akuntabilitas BI Tahun 2020 difokuskan pada tiga penguatan.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo
Foto: BI
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia meluncurkan Laporan Akuntabilitas Tahun 2020 yang terdiri dari Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2020 dan Laporan Tahunan Bank Indonesia (LTBI) 2020. Laporan yang mengangkat tema Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi diluncurkan pada hari ini, Rabu (27/1) secara virtual.

"Publikasi laporan tersebut sebagai perwujudan akuntabilitas dan transparansi Bank Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam UU Bank Indonesia," kata Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam sambutannya.

Baca Juga

Peluncuran laporan tersebut sebagaimana disebutkan dalam pasal 58 ayat 6 Undang-Undang Nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2009. Bahwa setiap awal tahun anggaran, Bank Indonesia wajib menyampaikan informasi kepada masyarakat yang memuat sejumlah hal.

Seperti, evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan moneter pada tahun sebelumnya, rencana kebijakan moneter dan penetapan sasaran moneter untuk tahun yang akan datang dengan mempertimbangkan sasaran laju inflasi serta perkembangan kondisi ekonomi dan keuangan. LPI 2020 menjabarkan pesan kunci terkait kinerja ekonomi dan prospeknya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement