Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Sah, Jokowi Resmi Lantik Listyo Sigit Jadi Kapolri Baru

Rabu 27 Jan 2021 10:37 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

Foto: Prayogi/Republika
Jokowi resmi melantik Kapolri baru Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kapolri baru Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1) pagi ini. Ia dilantik menggantikan Jenderal Pol. Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

Pengangkatan Kapolri ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden No 5 Polri Tahun 2021 tentang pengangkatan Kepala Kepolisian Negara RI. Listyo Sigit juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Jenderal Polisi berdasarkan Keputusan Presiden No 7 Polri Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi Polri.

Upacara pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dan para pejabat lainnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Demi Tuhan YME, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bhakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Komjen Pol Listyo Sigit.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan. Kemudian dilanjutkan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan serta penyerahan tongkat jabatan Kapolri oleh Presiden dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA