Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Rasio Kredit Bank di Indonesia Kalah dari Negara ASEAN

Rabu 27 Jan 2021 08:41 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Kredit bank (ilustrasi)

Kredit bank (ilustrasi)

Foto: Tim Infografis Republika
rRasio kredit perbankan di Indonesia hanya 35,47 persen dari PDB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menilai rasio kredit, dana pihak ketiga (DPK), dan aset perbankan terhadap produk domestik bruto (PDB) di Indonesia masih kalah dari negara di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura dan Thailand. Tercatat rasio kredit Indonesia hanya 35,47 persen dari PDB tanah air. 

Direktur Corporate Banking BNI Silvano Rumantir mengatakan rasio kredit Singapura sebesar 136 persen dari PDB dan Thailand sebesar 118 persen dari PDB.

“Rasio kredit, DPK, dan aset bank terhadap PDB masih di bawah tetangga di ASEAN, Singapura, Thailand,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (26/1).

Baca Juga

Tercatat rasio DPK bank di Indonesia hanya 37,88 persen dari PDB. Sedangkan Singapura sebesar 135 persen dari PDB dan Thailand 121 persen dari PDB.

Sama halnya dengan aset. Di Indonesia, rasio aset bank sebesar 54,08 persen dari PDB. Padahal, rasio aset bank di Singapura sebesar  272 persen dari PDB dan Thailand sebesar 174 persen dari PDB.

Atas kondisi ini, Silvano melihat bank perlu lebih gencar meningkatkan literasi dan inklusi keuangannya. Harapannya agar masyarakat bisa lebih melek dengan produk-produk bank dan ingin memilikinya.

"Harapannya lebih banyak jumlah anggota masyarakat yang masuk ke sistem bank supaya kita meningkatkan national savings, lebih banyak DPK yang masuk dan bank bisa salurkan dengan sistem yang ada untuk dukung pertumbuhan ekonomi ke depan," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA