Rabu 27 Jan 2021 05:31 WIB

Jokowi Lantik Kapolri Baru Hari Ini 

Komjen Listyo Sigit Prabowo menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki pensiun.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo
Foto: Prayogi/Republika
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kapolri baru Komjen Listyo Sigit Prabowo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1). Ia dilantik menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. 

"Pelantikan Kapolri juga rencananya akan dilakukan besok (Rabu), setelah Bapak Presiden menerima vaksinasi," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono. 

Baca Juga

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno telah menerima surat persetujuan dari DPR terkait Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Surat yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dibawa oleh Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (Sesjen DPR) Indra Iskandar dan diserahkan kepada Mensesneg yang didampingi Sekretaris Menteri Sekretaris Negara (Sesmensesneg) Setya Utama di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat ( 22/01).  

Dalam surat tersebut, Ketua DPR menyampaikan Rapat Paripurna DPR yang diselenggarakan pada 21 Januari 2021 telah menyetujui laporan Komisi III DPR RI untuk mengangkat Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun. 

Berdasarkan surat persetujuan DPR, selanjutnya ditetapkan Keputusan Presiden mengenai pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement