Selasa 26 Jan 2021 19:41 WIB

Perpustakaan Yogyakarta Kembali Buka pada Akhir Pekan

Pembukaan layanan perpustaan Yogyakarta dengan pembatasan jam operasional

Red: Nur Aini
Salah satu pojok baca baru yang dihadirkan Perpustakaan Kota Yogyakarta.
Foto: Dokumen.
Salah satu pojok baca baru yang dihadirkan Perpustakaan Kota Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Perpustakaan Yogyakarta kembali buka layanan setelah sempat melakukan penyesuaian operasional pada pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat tahap pertama dengan menutup layanan pada akhir pekan.

“Kami ingin tetap memberikan layanan untuk kebutuhan literasi masyarakat saat akhir pekan, atau saat libur,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Nunun Zulaikha di Yogyakarta, Selasa (26/1).

Baca Juga

Layanan pada akhir pekan, Sabtu dan Ahad, akan dibuka pada pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB, sedangkan pada Senin hingga Jumat, layanan tetap dibuka pada pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. Sebelumnya, jam layanan perpustakaan dibuka hingga pukul 18.00 WIB.

Operasional layanan pada Sabtu dan Minggu tersebut dibuka di Perpustakaan Kota Yogyakarta yang berada di Kotabaru maupun di Perpustakaan Alternatif Kota Yogyakarta (Pevita).

“Selama operasional layanan, kami akan memastikan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ada pembatasan kuota pengunjung,” katanya.

Kuota pengunjung di Perpustakaan Kota Yogyakarta yang berada di Kotabaru dibatasi 55 orang dan di Pevita dibatasi maksimal 35 orang dalam satu waktu yang sama.

“Pengunjung tetap diperbolehkan untuk membaca di tempat asalkan masih memenuhi kuota. Jika jumlah pengunjung dalam satu waktu sudah mememnuji kuota maksimal, maka pengunjung berikutnya bisa menunggu terlebih dulu,” katanya.

Selain membatasi jumlah pengunjung, juga dilakukan upata pembersihan atau sterilisasi terhadap koleksi bacaan yang ada di perpustakaan secara berkala dengan penyemprotan disinfektan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement