Selasa 26 Jan 2021 19:01 WIB

PMI Ajak Penyintas Covid-19 Depok Donor Plasma Konvalesen

Ajakan terutama pada yang pernah mengalami gejala Covid -19 sedang hingga berat.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Donor Plasma Konvalesen
Foto: Republika
Donor Plasma Konvalesen

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- PMI Kota Depok mengajak seluruh penyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen. Donor ini sudah dipelajari secara medis sebagai alternatif terapi pemulihan bagi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit (RS).

"Donor plasma konvalesen ini dipastikan aman dan telah melalui uji skrining yang cukup ketat. Saya mengajak seluruh penyintas Covid-19, utamanya yang pernah mengalami gejala sedang hingga berat, untuk menyumbangkan plasma konvalesen di PMI Kota Depok," ujar Ketua PMI Kota Depok, Dudi Miraz di Kantor PMI Kota Depok, Selasa (26/1).

Baca Juga

Menurut Dudi, dirinya merupakan salah satu calon pendonor plasma kovalesen yang telah lolos uji skrining dan sudah melakukan transfusi. Dia mengakui, pasca donor plasma, tidak ada keluhan berarti, hanya sedikit pusing dan lemas beberapa saat. “Saya sudah donor plasma dan tidak ada keluhan berat. Artinya, donor ini benar-benar aman,” terangnya.

Dudi menjelaskan, saat ini rumah sakit sangat membutuhkan ketersediaan plasma konvalesen dari penyintas Covid-19. Oleh karena itu, dia berharap, penyintas yang memiliki kriteria yang dimaksud, bersedia mendonorkan plasmanya. "Ayo donorkan plasma konvalesen demi membantu sesama," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement