Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Dinas PUPR Depok Bersihkan Sampah Situ Cilodong

Selasa 26 Jan 2021 18:52 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Seorang warga berdiri di atas sampan di antara sampah yang menumpuk di sebuah situ (ilustrasi)

Seorang warga berdiri di atas sampan di antara sampah yang menumpuk di sebuah situ (ilustrasi)

Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Saat ini Situ Cilodong sudah bersih dari sampah yang sebelumnya banyak mengapung.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Satuan Tugas (Satgas) Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Kalibaru, Kota Depok bergotong royong membersihkan Situ Cilodong dari sampah. "Saat ini Situ Cilodong sudah bersih dari sampah yang sebelumnya banyak mengapung di atasnya," ujar Koordinator Satgas Banjir, Dinas PUPR Kota Depok, Edisyam dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (26/1).

Ia menuturkan, pihaknya menurunkan 10 personel untuk membersihkan sampah di Situ Cilodong. Dalam kurun waktu beberapa jam, seluruh sampah yang ada berhasil berhasil diangkat. "Alat-alat yang kami gunakan untuk mengangkat sampah berupa congkrang, jaring, dan pengait," tutur Edisyam.

Baca Juga

Menurut Edisyam, Satgas SDA Dinas PUPR selalu rutin membersihkan Situ Cilodong dua pekan sekali. Biasanya sampah-sampah yang berada di pinggir situ berasal dari limbah rumah tangga. "Kami juga sudah pasang jaring tapi dirasa kurang efektif, jadi butuh pembersihan langsung turun ke situ," terangnya.

Ketua Pokdarwis Kelurahan Kalibaru, Rakimin menambahkan, pihaknya akan memasang spanduk berisi larangan membuang sampah di sekitar Situ Cilodong. Dengan begitu, diharapkan masyarakat tidak lagi membuang sampah ke area situ. "Pokdarwis bersama warga sekitar juga akan terus mengontrol area Situ Cilodong agar tidak ada lagi yang berani membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA