Selasa 26 Jan 2021 18:38 WIB

Kasus Covid Tembus Satu Juta, Jokowi Langsung Gelar Ratas

Presiden memanggil beberapa menteri untuk membahas kasus Covid tembus angka satu juta

Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menerima suntikan vaksin di Istana Negara, Rabu (13/1).
Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Negara
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menerima suntikan vaksin di Istana Negara, Rabu (13/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas membahas kasus positif Covid-19 di Indonesia yang telah menembus angka 1 juta orang per Selasa (26/1) hari ini. Berdasarkan laporan Satgas, kasus harian Covid-19 bertambah sebanyak 13.094 orang, sehingga total kasus kumulatif tercatat berjumlah 1.012.350.

"Hari ini Presiden memanggil rapat terbatas beberapa menteri dan saya dititipi pesan Presiden, hari ini adalah hari di mana jumlah orang terpapar Covid-19 di Indonesia menembus 1 juta orang," ujar Menteri Kesehatan di Jakarta, Selasa petang.

Baca Juga

Menkes menyampaikan angka kasus positif Covid-19 1 juta orang tersebut memiliki makna dua hal yang harus disadari. Pertama, semua pihak harus berduka, karena sudah banyak individu yang wafat akibat Covid-19 termasuk juga tenaga kesehatan.

Kedua, semua pihak harus bekerja keras mengatasi pandemi bersama-sama, baik dengan menjalankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) maupun 3T (testing, tracing dan treatment).

"Semua ahli epidemiologi mengatakan kepada saya bahwa untuk mengatasi pandemi, satu hal utama yang harus diingat yaitu harus mengurangi laju penularan dari virus," jelasnya.

Menkes mengatakan dengan mengurangi laju penularan virus, maka beban fasilitas kesehatan tidak terlalu berat dan memiliki lebih banyak waktu untuk merespons virus.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement