Rabu 27 Jan 2021 04:30 WIB

Minim Risiko, Investasi Ini Cocok untuk Investor Pemula

Bagi investor pemula sangat disarankan untuk memilih investasi dengan risiko kecil.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Investasi reksadana
Foto: Republika/Edwin DP
Investasi reksadana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Investasi saat ini menjadi salah satu topik yang sering diperbincangkan khususnya di kalangan generasi milenial. Meski sudah populer, tidak sedikit yang masih awam bagaimana cara memilih investasi yang tepat dan menguntungkan. 

Bagi investor pemula sangat disarankan untuk memilih investasi dengan risiko yang kecil seperti reksa dana pasar uang (RDPU). Menurut Financial Coach, Philip Mulyana, investasi RDPU sangat aman karena sebagian besar dananya dialokasikan ke deposito atau surat berharga.

Baca Juga

"Selain berisiko rendah, return yang diberikan jauh lebih besar dibandingkan menabung secara konvensional di bank atau pun deposito. Keuntungannya bisa mencapai 4-6 persen per tahun dibandingkan dengan menabung secara konvensional yang hanya mencapai 2 persen per tahun," kata Philip, Selasa (26/1). 

Selain itu investasi reksa dana pasar uang juga dapat menjadi salah satu opsi tabungan dana darurat yang baik untuk investor pemula. Pasalnya instrumen tersebut sangat likuid dan dana investasinya bisa dicairkan dengan cepat bila sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Philip menyarankan agar investor pemula sebaiknya menghindari investasi yang berisiko tinggi seperti saham. Selain memberi keuntungan yang fantastis, investasi saham juga berpotensi mendatangkan kerugian yang besar bagi investor.

Bagi investor yang tidak memahami risiko tersebut, bisa saja langsung trauma dan salah dalam mengambil keputusan investasi saat pasar sedang mengalami koreksi. Jika salah langkah, investor bukannya mendapat untung tetapi malah mengalami rugi besar.

"Untuk itu, investor harus mengerti betul aset apa yang diinvestasikan dan harus nyaman," tutur Philip. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement