Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Epidemiolog Minta PPKM II Diperketat Seperti Awal Pandemi

Selasa 26 Jan 2021 18:20 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Agus Yulianto

dr Pandu Riono

Foto:
Saat ini, penularan kasus Covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi.

Dia mengatakan, jika pemerintah masih menerapkan upaya menurunkan kasus Covid-19, tapi masih setengah-setengah seperti saat ini, mungkin kasus Covid-19 bisa turun. Namun, Pandu memprediksi, penurunan kasus menbutuhkan waktu yabg lama dan lamban. 

"Saya tidak tahu seberapa lama (PPKM jilid II bisa menurunkan kasus) tetapi sulit," ujarnya.

Sebelumnya PPKM Jawa dan Bali mulai Selasa hari ini bergulir selama 2 pekan hingga 8 Februari 2021. Perpanjangan PPKM Jawa dan Bali tersebut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat tahap pertama selama 11-25 Januari 2021 kemarin.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan, sebelumnya PPKM berlangsung di tujuh provinsi di Pulau Jawa dan Bali. Yakni, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. PPKM berlaku di 73 kabupaten dan kota yang terdapat di provinsi-provinsi tersebut.

 

“Dari tujuh provinsi, terlihat masih ada peningkatan (kasus Covid-19) di 5 provinsi, dan yang mengalami penurunan Provinsi Banten dan DI Yogyakarta,” ujar Airlangga, seperti dikutip dari laman Setkab.go.id. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA