Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Jangan Pernah Bilang ‘Seandainya’, Ucapkan Qadarullah  

Selasa 26 Jan 2021 16:57 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Mengucapkan qadarullah sangat dianjurkan atas perkara yang lewat. Ilustrasi mukmin

Mengucapkan qadarullah sangat dianjurkan atas perkara yang lewat. Ilustrasi mukmin

Foto: Thoudy Badai/Republika
Mengucapkan qadarullah sangat dianjurkan atas perkara yang lewat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Terkadang sebagian orang tidak menerima atas ketetapan yang telah ditentukan Allah SWT. Dari situ, mereka berandai-andai atas suatu hal yang seharusnya dia lakukan sebelumnya. 

Padahal hal tersebut tidak dianjurkan dalam Islam. Rasulullah SAW melarang manusia mengucapkan, seandainya begini, dan seandainya begitu. 

Hendaknya seorang Muslim menerima takdir yang telah ditetapkan pada dirinya, kemudian mengatakan, "Qadarullah wa ma sya'a fa'al". Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini:   

Baca Juga

 عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم الْمُؤْمِنُ القَوِيُّ، خَيْرٌ وَأَحَبُّ إلى اللهِ مِنَ المُؤْمِنِ الضَّعِيفِ، وفي كُلٍّ خَيْرٌ احْرِصْ علَى ما يَنْفَعُكَ، وَاسْتَعِنْ باللَّهِ وَلَا تَعْجَزْ، وإنْ أَصَابَكَ شيءٌ، فلا تَقُلْ لو أَنِّي فَعَلْتُ كانَ كَذَا وَكَذَا، وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُ اللهِ وَما شَاءَ فَعَلَ، فإنَّ لو تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah SWT daripada mukmin yang lemah. Namun, keduanya tetap memiliki kebaikan. Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah.  

Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan: 'Seandainya aku lakukan demikian dan demikian'. Akan tetapi hendaklah kau katakan: 'Ini sudah jadi takdir Allah. Setiap apa yang telah dia kehendaki pasti terjadi'. Karena perkataan law (seandainya) dapat membuka pintu setan" (HR Muslim). 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA