Selasa 26 Jan 2021 16:42 WIB

Sosialisasi PKM, UBSI Sukabumi Gali Kreativitas Mahasiswa

Pada 2017, wakil UBSI Sukabumi berhasil lolos pendanaan PKM tingkat nasional.

Kampus UBSI Sukabumi menggelar sosialisadsi Program Kreativits Mahasiswa (PKM)  secara daring pada Rabu (20/1).
Foto: Dok UBSI
Kampus UBSI Sukabumi menggelar sosialisadsi Program Kreativits Mahasiswa (PKM) secara daring pada Rabu (20/1).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan kualitas peserta didik yaitu mahasiswa di perguruan tinggi.

Mengingat betapa pentingnya dan bermanfaatnya dalam upaya menggali kreativitas mahasiswa bagi Perguruan Tinggi, maka kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Sukabumi telah melangsungkan sosialisasi PKM secara daring melalui zoom cloud meetings, Rabu (20/1).

Kegiatan webinar sosialisasi PKM bertajuk ‘Membangun dan Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Kompetesis PKM’ yang  diinisiasi oleh tiga Himpunan Mahasiswa (Hima) kampus UBSI Sukabumi di antaranya Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (Himasi), Himpuanan Mahasiswa Sistem Informasi akuntansi (Himasa) dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (Hima-IK). Kegiatan itu diikuti seluruh  mahasiswa kampus UBSI Sukabumi.

Staf Wakil Rektor II UBSI Bidang Non Akademik, Rusda Wajhillah mengatakan, PKM merupakan  ajang kompetisi nasional yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan,  kepada masyarakat luas.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan webinar ini salah satunya untuk menggali kreativitas dan memacu semangat mahasiswa kampus UBSI Sukabumi menuju pendanaan  PKM  2021 dan lolos Pimnas 2021,” tutur Rusda, Rabu (20/1).

Ia menambahkan, mahasiswa kampus UBSI Sukabumi memiliki potensi yang sangat besar dalam mengikuti PKM ini.

“Ini menjadi prestasi yang luar biasa sekaligus membuktikan bahwa mahasiswa kampus UBSI Sukabumi memiliki bakat dan kreativitas. Hal ini, tentu perlu kita dukung sepenuhnya,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.  

Mahasiswa yang tertarik mengikuti PKM ini berkesempatan mendapat beasiswa apabila lolos pendanaan PKM, selain beasiswa lainnya yang sudah ada di kampus UBSI.

“Banyak beasiswa yang bisa kalian dapatkan.  Salah satunya adalah melalui kegiatan PKM. Kita selaku pegiat IT idealnya sangat berpotensi besar untuk mengikuti kegiatan ini. Segera persiapkan segala sesuatu yang akan kalian jadikan bahan PKM ini,” tuturnya.

Ia mengaku, bahwa dosen kampus UBSI siap membimbimbing para mahasiswa yang akan mengikuti PKM.

“Saya berharap,  adanya kegiatan ini dapat mengasah kreativitas dan potensi mahasiswa untuk memiliki potensi yang sangat besar dalam mengikuti PKM. Sekadar contoh, pada tahun 2017 salah satu perwakilan mahasiswa kampus UBSI Sukabumi berhasil lolos pendanaan PKM di tingkat nasional,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement