Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Mendag Sebut PSBB Sukses, Namun Perdagangan Turun

Selasa 26 Jan 2021 16:30 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Sektor perdagangan terkontraksi sekitar 5,03 persen pada kuartal III 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyatakan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sukses, namun perdagangan turun. Hal itu terlihat dari sektor perdagangan yang terkontraksi sekitar 5,03 persen pada kuartal III 2020 secara tahunan atau year on year (yoy). 

"Karena di sini (penurunan itu) efek samping dari PSBB," ujar Lutfi dalam diskusi secara daring, Selasa (26/1). Ia menambahkan, pada periode itu sektor pergudangan juga turun sebesar 16,7 persen. 

"Artinya perdagangan terganggu. Penyedia akomodasi dan makanan minuman turun 11,86 persen. Ini menunjukkan orang tidak ke mana-mana," kata dia. 

Baca Juga

Sektor konsumsi otomotif yang menurutnya penting pun turun 18,06 persen. Kemudian sektor perdagangan besar bukan eceran mobil turun sekitar 2 persen. 

Lutfi melanjutkan, ketika Indonesia mengalami surplus pada 2012, Indonesia seperti lari maraton di turunan. Hanya saja kini seperti berlari maraton di tanjakan. 

"Tergopoh-gopoh dan terjadi injury di dalam badan kita. Ini memang tidak patah tapi ankle-nya ini terkilir, jadi untuk survive dari lari maraton, kita perlu mengerjakan beberapa hal," jelas dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA