Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

5 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

Selasa 26 Jan 2021 16:14 WIB

Red: Irwan Kelana

Lulusan Jurusan Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri memiliki paling tidak lima prospek kerja yang sangat menjanjikan.

Lulusan Jurusan Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri memiliki paling tidak lima prospek kerja yang sangat menjanjikan.

Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri
STMIK Nusa Mandiri berkomitmen menghasilkan lulusan berkualitas dan kompeten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jurusan Sistem Informasi saat ini menjadi jurusan yang popular seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat. Banyaknya mahasiswa yang berbondong-bondong mengambil jurusan ini, mengisyaratkan prospek kerja di bidang ini pun sangat dibutuhkan. Namun, apakah kamu sudah tahu propek kerja bagi lulusan sistem informasi ke depannya? 

Menurut Sukmawati Anggraeni Putri, kaprodi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) Nusa Mandiri, lulusan Sistem Informasi mampu menjadi web developer, system analyst, database administrator,  network administrator dan application developer. 

Berikut Lima prospek kerja jurusan sistem informasi :

1. Web developer

Merancang dan mengembangakn website merupakan tugas utama seorang web developer. Karir web developer pun banyak dibutuhkan di perusahaan berskala besar. Tak ayal juga ditemukan freelancer web developer yang lebih fokus pada kliennya  saja. Umumnya web developer dibagi menjadi tiga bagian, yakni frontend, backend dan fullstack developer. 

“Lulusan Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri banyak yang telah sukses menjadi web developer bahkan mendirikan startup. Memiliki mata kuliah unggulan web programming membuat lulusan sistem informasi layak menjadi seorang programmer web developer,” ujar Sukma dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (26/1). 

2. System analyst

Pekerjaan IT yang sedang naik daun saat ini adalah system analyst. Prospek kerja ini bersinggungan erat dengan developer dan programmer. System analyst bertugas melakukan analisa, merancang, dan mengimplementasikan suatu sistem. 

“System analyst harus memiliki ilmu IT dasar seperti paham bahasa pemrograman, database, cara kerja server, HTML atau CSS dan lainnya. Semua ilmu itu dipelajari oleh jurusan Sistem Informasi pada masa kuliah,” jelasnya. 

3. Database administrator (DBA)

Prospek karir menjanjikan lainnya yakni database administrator (DBA). DBA bertugas untuk mengelola basis data perusahaan. Admin DBA ini harus dapat menyesuaikan kapasitas database  yang tepat untuk kebutuhan perusahaan. Selain itu, seorang DBA juga harus dapat merancang sistem keamanan yang mampu melindungi database dari serangan hacker. 

4. Application developer

Tak dipungkiri,  perkembangan smartphone melaju pesat.  Hal ini menjadi cikal bakal lahirnya aplikasi yang memudahkan kehidupan. Peranan application developer semakin meningkat untuk membuat dan mendesain aplikasi baru. 

“Application developer memiliki spesialisasinya sendiri, seperti mobile app developer yang berfokus pada pembuatan aplikasi perangkat mobile. Selanjutnya ada android developer dan ios developer yang berfokus pada pengembangan aplikasi di android dan ios,” jelas Sukma. 

5. Network Administrator

Bertanggung jawab melakukan konfigurasi dan monitoring jaringan merupakan tugas utama seorang network administrator. Prospek kerja ini terbilang banyak peminatnya di Indonesia. 

“Untuk dapat menjadi seorang network administrator,  ilmu dasar yang harus dimiliki yakni network monitoring, network programing, atau administrasi jaringan computer. Selain itu memiliki sertifikasi yang sesuai dengan bidang ini menjadi poin  utama,” imbuhnya. 

Kampus STMIK Nusa Mandiri berkomitmen menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten di bidang sistem informasi sehingga mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“Lulusan Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri telah dibekali dengan sertifikat kompetensi seperti sertfifikasi analis program ataupun network administrator. Sehingga lulusan STMIK Nusa Mandiri mampu memenuhi kebutuhan dunia industry dan bersaing global, Prodi Sistem Informasi juga telah berakreditasi dengan peringkat B (Baik Sekali), hal ini akan semakin menambah nilai kualitas dari setiap lulusan,” tutup Sukma.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA