Rabu 27 Jan 2021 04:56 WIB

Herd Immunity Lindungi Ibu Hamil dan Menyusui dari Covid-19

Ibu hamil dan ibu menyusui masuk dalam kelompok yang belum boleh divaksin Covid-19

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi ibu hamil.
Foto: Photo by freestocks from Pexels
Ilustrasi ibu hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) dapat membantu melindungi para ibu hamil dan menyusui dari Covid-19. Pernyataan ini disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro.

"Kekebalan kelompok ini keuntungan lainnya adalah bisa melindungi orang-orang di sekitarnya yang belum bisa mendapatkan akses vaksin," kata Reisa saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Saat ini ada 17 kriteria kelompok masyarakat yang tidak bisa diberikan vaksin Covid-19 dari Sinovac. Kelompok tersebut adalah mereka yang sudah pernah menderita Covid-19, ibu hamil atau menyusui, sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, menderita penyakit Autoimun Sistemik (SLE/Lupus, Sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya), mengidap penyakit ginjal, menderita penyakit diabetes melitus, dan penyakit paru.

Selain itu, anak-anak dan orang lanjut usia juga belum bisa diberikan vaksin Covid-19 yang tersedia sekarang. Diharapkan secepatnya ada vaksin Covid-19 yang bisa masuk ke Indonesia untuk dikonsumsi anak-anak dan lanjut usia untuk membangun respons kekebalan tubuh mereka terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

 

"Orang-orang inilah yang nanti akan dilindungi oleh orang-orang yang punya kekebalan," tutur Reisa.

Dengan vaksinasi Covid-19, kekebalan spesifik terhadap virus penyebab Covid-19 bisa tercapai. Makin banyak yang diberikan vaksin Covid-19, makin banyak orang yang punya kekebalan spesifik tersebut. Keadaan ini seolah membentuk perisai perlindungan untuk sebagian penduduk yang belum bisa mengakses vaksin Covid-19.

Kekebalan spesifik itu biasanya hanya bisa didapatkan dengan dua cara yakni terinfeksi langsung atau karena diberikan vaksin. "Vaksinasi Covid-19 ini tujuannya adalah membentuk imunitas. Imunitas yang dihasilkan dari vaksin adalah imunitas spesifik," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement