Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Hyundai Kembangkan Robot untuk Tenaga Sales

Selasa 26 Jan 2021 16:02 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Robot Hyundai yang bertugas sebagai sales mobil.

Robot Hyundai yang bertugas sebagai sales mobil.

Foto: hyundai
Robot sales memiliki wujud seperti manusia namun dengan empat kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Selama ini, tenaga penjualan atau sales dalam sebuah dealer mobil biasanya diperankan oleh sejumlah pegawai. Kini, Hyundai mengembangkan robot yang mampu berperan sebagai pegawai sales.

Dilansir dari Car and Driver pada Selasa (26/1), robot ini merupakan robot dengan wujud yang menyerupai manusia lengkap dengan kepala dan tangan tapi hadir dengan empat kaki. Robot yang disebut dengan nama DAL-e ini hadir dengan dibekali teknologi artificial intelligent (AI).

Sebagai langkah awal, robot yang namanya merupakan singkatan dari Drive you, Assist you, Link with you-experience ini pun menjalani pilot program pada salah satu dealer di Korea Selatan.

Lewat uji coba ini, maka nantinya DAL-e akan mengalami tahapan evaluasi dan penyesuaian agar mampu tampil semakin optimal. Setelah itu, keberadaan robot ini akan diperluas di sejumlah dealer lainya.

Saat ini, sejumlah kemampuan dari robot ini diantaranya adalah dalam melakukan presentasi soal jenis produk, spesifikasi produk dan layanan yang dapat dinikmati di dealer tersebut. Artinya, kehadiran robot ini memang sebagai pengganti sebagian tugas yang dijalankan oleh seorang pegawai sales dalam dealer.

Pengembangan ini sendiri merupakan salah satu cara dalam menekan pandemi lewat mengurangi interaksi fisik. Oleh karena itu, robot ini pun dapat menegur konsumen yang datang ke dealer tanpa mengenakan masker.

Soal kemampuan mobilisasi, robot ini hadir dengan empat buah omnidirectional wheels. Dengan begitu, DAL-e mampu dengan leluasa mendampingi konsumen untuk mengelingi wilayah di dalam delaer.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA