Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Presiden China: Pandemi Jauh dari Usai

Selasa 26 Jan 2021 14:59 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah

Presiden China Xi Jinping telah memperingatkan para pemimpin global agar tidak memulai Perang Dingin baru. Ilustrasi.

Presiden China Xi Jinping telah memperingatkan para pemimpin global agar tidak memulai Perang Dingin baru. Ilustrasi.

Foto: EPA
Xi meminta kerja sama global dan penguatan multilateralisme untuk lawan pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden China Xi Jinping mengatakan pandemi Covid-19 masih jauh dari usai. Ia mendesak kerja sama global dan penguatan multilateralisme untuk memerangi infeksi virus.

Saat memberikan pidato dalam acara Forum Ekonomi Dunia yang dihelat di Davos, Swiss, pada Senin (25/1), Xi menyebut dunia telah mencapai kemajuan awal dalam perang melawan Covid-19. Namun dia menekankan pandemi masih belum usai.

“Kemunculan kembali kasus Covid baru-baru ini mengingatkan kita bahwa kita harus terus berjuang. Namun kami tetap yakin bahwa musim dingin tidak bisa menghentikan datangnya musim semi dan kegelapan tidak akan pernah bisa menyelimuti cahaya fajar," ujar Xi, dikutip laman Anadolu Agency.

Dia menyerukan negara anggota G20 memperkuat kerja sama, terutama untuk memulihkan krisis ekonomi. Xi merekomendasikan beberapa langkah.

"Yang pertama adalah meningkatkan koordinasi kebijakan ekonomi makro dan bersama-sama mendorong pertumbuhan ekonomi dunia yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif," ucapnya seraya menambahkan bahwa dunia sedang mengalami resesi terburuk sejak akhir Perang Dunia II.

Menurut dia, kekuatan pendorong dan model pertumbuhan ekonomi global perlu diubah. Strukturnya pun mesti diperbaiki. Dengan demikian arah perkembangan ekonomi yang sehat dan stabil dalam jangka panjang dapat ditentukan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA