Selasa 26 Jan 2021 11:56 WIB

Evolusi Gim Jadul di Ponsel Hingga Lahirnya Ponsel Gaming

Ponsel pertama yang memainkan gim jauh lebih sederhana daripada saat ini.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bermain gim (ilustrasi)
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Bermain gim (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Gim video telah mengalami banyak transformasi dari Arcade, komputer di rumah, konsol genggam dan sekarang ponsel. Jika Anda terlahir di tahun 1990-an mungkin masih mengalami main gim di ponsel dengan sangat sederhana. Layarnya masih monokrom, jauh berbeda dengan permainan gim di era saat ini.

Ponsel pertama yang memainkan gim jauh lebih sederhana daripada saat ini. Ada beberapa pendapat mengenai ponsel mana yang pertama kali nemawarkan gim. Dilansir dari GSMArena, salah satu perusahaan yang mengeluarkan gim di ponsel adalah Hagenuk MT-2000. Ponsel ini dibuat oleh perusahaan Denmark.

Baca Juga

Perusahaan itu adalah sebuah perusahaan dari Denmark yang menyaingi Nokia Finlandia (Keduanya meluncurkan ponsel GSM pertama mereka dalam beberapa pekan satu sama lain).  Gim instan yang dipilih untuk MT-2000 adalah Tetris yang telah menyebar dengan cepat ke berbagai platform.

Pilihan lain adalah IBM Simon-PDA sangat awal dengan layar sentuh. Perangkat memainkan puzzle balok geser menggunakan stylus ponsel, Scramble.

Ericsson A1018s hadir beberapa tahun kemudian (tahun 1999), tetapi merupakan contoh yang baik tentang betapa orang-orang menginginkan gim di ponsel mereka. Awalnya, ponsel tidak memiliki gim.

Namun, dua tahun setelah ponsel diluncurkan, Ericsson merilis pembaruan firmware. Itu tersedia over-the-air (OTA), jadi orang harus menemukan cara untuk mem-flash-nya di ponsel mereka menggunakan komputer dan banyak yang melakukannya.

Permainan itu, tentu saja, Tetris. Anehnya, itu hanya tersedia di Eropa Timur (kemungkinan karena masalah perizinan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement