Selasa 26 Jan 2021 07:57 WIB

Gawai Disetel Mode Gelap, Betulkah Lebih Baik untuk Mata?

Banyak orang yang menyetel gawainya dengan mode gelap demi kesehatan matanya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Tampilan layar gawai ketika disetel mode gelap.
Foto: republika/idealisa
Tampilan layar gawai ketika disetel mode gelap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang khawatir dengan kesehatan matanya akibat penggunaan gawai. Mereka lalu menggunakan mode gelap untuk mencegah mata dari kerusakan.

Ternyata, itu bukanlah cara terbaik, bahkan itu tidak membantu sama sekali. Jadi apa sebenarnya fungsi mode gelap pada gadget?

Baca Juga

Mode gelap memungkinkan pengguna untuk mengubah latar belakang yang biasanya putih atau berwarna terang pada gadget menjadi lebih gelap atau biasanya hitam. Latar belakang akan menjadi gelap dan teks akan menjadi terang, berlawanan dari biasanya.

Untuk mengalihkan tampilan gawai ke mode gelap (dark mode), pengguna tinggal masuk ke pengaturan (setting) lalu pilih ke pengaturan tampilan dan kecerahan (display and brightness) . Beberapa aplikasi juga memiliki mode gelapnya sendiri yang dapat ditemukan di pengaturan aplikasinya.

Pengguna mungkin merasa mode gelap sedikit lebih nyaman untuk mata. Akan tetapi, setelan ini tidak dapat mencegah gejala ketegangan mata, seperti sakit kepala dan mata kering.

"Mode gelap akan mengurangi tingkat cahaya biru yang dipancarkan dari layar perangkat gadget, tetapi mungkin tidak bisa sampai memengaruhi efek cahaya biru yang bisa merusak mata itu," kata direktur katarak dan operasi implan lensa intraokular di Yale Medicine Ophthalmology, Brian M DeBroff, MD, dikutip dari Insider.

Makula terletak di tengah retina dan sangat penting untuk penglihatan yang sehat. Degenerasi makula terkait usia adalah salah satu penyebab paling umum dari kehilangan penglihatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement