Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Sinergi Foundation Bantu Kembangkan UMKM Kuliner

Selasa 26 Jan 2021 06:37 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Sinergi Foundation (SF) membidik pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner.

Foto:
Bandung memiliki potensi bisnis kuliner yang cukup besar yang digarap UMKM. 

"Sejarah aturan, dana wakaf bisa dipakai untuk hal produktif, makanya kami bidik sektor rill. Untuk kuliner, kami membiayai permodalannya. Mereka yang sudah punya kompetensi tinggal mengelola saja, operasionalnya dari kami," paparnya.

Asep mencontohkan, kendati pandemi, Batagor Serayu di Jalan Sidomukti mampu mencatat kenaikan transaksi hingga Rp 250 juta perbulan. Sekitar 20 persen didapat dari penjualan offline dan sisanya dari online.  

Hingga saat ini, kata dia, total margin laba seluruh unit bisnis wakaf Sinergi Foundation mencapai miliaran. “Pada 2019, marginnya Rp 1,5 miliar, sementara pada 2020, mencapai Rp 1,8 miliar. Alhamdulillah terus meningkat meskipun 2020 lalu terkendala pandemi,” kata Asep.

Asep menjelaskan, Sinergi Foundation ingin menggebrak stigma bahwa wakaf itu untuk masjid atau kuburan. Justru, kata Asep, dana wakaf pun bisa diproduktifkan melalui bisnis agar manfaatnya berlipat. 

 

"Dana yang terhimpun dari sinergi wakaf masyarakat ini juga memberdayakan UMKM dan menambah penyerapan tenaga kerja," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA