Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

11 Sunnah Nabi Muhammad SAW yang Mulai Ditinggalkan Umatnya

Selasa 26 Jan 2021 05:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat banyak sunnah Nabi Muhammad SAW yang ditinggalkan. Ilustrasi Rasulullah

Foto:
Terdapat banyak sunnah Nabi Muhammad SAW yang ditinggalkan.

7. Membaca doa kafaratul majlis saat menyudahi suatu majelis. Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk membaca doa ini sebelum bangkit mengakhiri suatu majelis. Doa itu ialah: 

"سُبحانَكَ اللَّهمَّ وبحمدِكَ ، أشهدُ أن لا إلَهَ إلَّا أنتَ أستغفرُكَ وأتوبُ إليكَ ". Ini didasarkan pada hadits riwayat at-Tirmidzi dari jalur Abu Hurairah  

8. Sholat dua rakaat setelah melakukan perbuatan dosa atau yang disebut sholat taubat. Ini shalat yang dianjurkan berdasarkan kesepakatan imam empat mazhab dan para ulama setelahnya. 

Ini adalah sunnah bagi seorang Muslim setelah berbuat dosa dan sebaiknya shalat ini dilakukan dengan sendirian. Hal ini sebagaimana hadits riwayat At-Tirmidzi dari jalur Abu Bakar Ash-Shiddiq.

9. Mencegah anak-anak meninggalkan rumah di awal malam dan menutup bejana di malam hari. Sunnah ini didasarkan pada hadits riwayat Bukhari dalam shahih al-Bukhari dari jalur Jabir bin Abdullah RA. 

10. Mengucapkan doa ini saat ini melepas seseorang yang ingin melakukan perjalanan. Doa tersebut ialah: 

استودِعُ اللَّهَ دينَكَ وأمانتَكَ وآخرَ عملِكَ. Hal ini sebagaimana hadits dalam Shahih At-Tirmidzi dari jalur Abdullah bin Umar. 

11. Menyembuhkan bagian tubuh yang sakit dengan meletakkan tangan di area yang sakit lalu ucapkan bacaan berikut ini secara urut. Pertama-tama, ucapkan bismillah tiga kali, lalu ucapkan:

 'أَعُوذُ باللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِن شَرِّ ما أَجِدُ وَأُحَاذِرُ sebanyak tujuh kali. Ini didasarkan pada hadits sahih riwayat Muslim dalam kitab Shahih-nya dari jalur Nafi' bin Jabi.

 

Sumber: https://mawdoo3.com/%D8%B3%D9%86%D9%86_%D8%A7%D9%84%D8%B1%D8%B3%D9%88%D9%84_%D8%A7%D9%84%D9%85%D9%87%D8%AC%D9%88%D8%B1%D8%A9#cite_note-Eyxxt0sqLy-86 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA