Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

11 Sunnah Nabi Muhammad SAW yang Mulai Ditinggalkan Umatnya

Selasa 26 Jan 2021 05:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat banyak sunnah Nabi Muhammad SAW yang ditinggalkan. Ilustrasi Rasulullah

Terdapat banyak sunnah Nabi Muhammad SAW yang ditinggalkan. Ilustrasi Rasulullah

Foto: Republika/Mardiah
Terdapat banyak sunnah Nabi Muhammad SAW yang ditinggalkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada beberapa sunnah Rasulullah SAW yang mulai diabaikan umatnya. Berikut ini adalah beberapa ajaran sunnah Nabi Muhammad yang saat ini mungkin sudah mulai kita lupakan, bahkan ditinggalkan. 

1. Sunnah tahnik, yaitu mengunyah kurma, lalu meletakkan kunyahan tersebut di jari untuk kemudian dimasukkan ke dalam mulut bayi yang baru lahir dan menggosok langit-langit bagian dalam mulut bayi dengan kunyahan kurma tersebut. 

2. Manusia mendapatkan berkah saat hujan turun. Maka, disunnahkan membuat atau membiarkan sebagian anggota tubuh tersentuh air hujan. Sahabat Nabi SAW, Anas bin Malik, dalam sebuah riwayat, kemudian bertanya mengapa Rasulullah melakukan itu. Lalu dijawablah, "Karena ini adalah perjanjian dengan Allah SWT yang Mahatinggi."

3. Berdiri ketika melihat jenazah yang sedang dibawa untuk dimakamkan sampai jenazah tersebut tidak terlihat lagi. Hal ini sebagaimana hadits riwayat Muslim dari jalur Amir bin Rabiah. 

4. Sholat dengan alas kaki, seperti sandal dan sejenisnya yang suci. Rasulullah SAW bersabda:

إذا جاءَ أحدُكُم إلى المسجدِ فلينظُر فإن رأى في نعليهِ قذرًا أو أذًى فليمسَحهُ وليصلِّ فيهِما  “Jika datang ke masjid (dengan sandal), maka lihatlah sandal itu, jika ada kotoran maka sebaiknya dibersihkan lebih dulu, kemudian pakailah sandal itu untuk sholat.” (HR Abu Dawud dari jalur Abu Said Al-Khudri)

5. Menulis surat wasiat. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

ما حَقُّ امْرِئٍ مُسْلِمٍ له شيءٌ يُوصِي فِيهِ، يَبِيتُ لَيْلَتَيْنِ إلَّا ووَصِيَّتُهُ مَكْتُوبَةٌ عِنْدَهُ "Tidak pantas bagi seorang Muslim yang memiliki sesuatu yang ingin ia wasiatkan untuk melewati dua malamnya melainkan wasiatnya itu tertulis di sisinya."

Dalam hadits itu dapat diketahui bahwa Nabi SAW meminta setiap Muslim untuk berinisiatif menulis surat wasiat jika ada hal yang ingin diwasiatkan dengan perkiraan waktu dua malam. Namun, waktu dua malam ini bukan batasan waktu, sebab di hadits lain ada yang tertulis satu malam dan tiga malam.  

6. Mendoakan saudara-saudara umat Muslim yang jauh atau tidak ada di sisi kita. Ini adalah salah satu sunnah Nabi SAW yang telah diriwayatkan dari para Nabi dan orang shaleh. Karena, doa tersebut merupakan bentuk kecintaan mereka terhadap saudara-saudara Muslim yang lain. 

Malaikat pun turut mendoakan seorang Muslim yang berdoa untuk saudara-saudara Muslim yang lain. Hal ini didasarkan pada hadits shahih yang diriwayatkan Muslim dari jalur Abu Darda.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA