Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Guardiola Nilai Allardyce Pelatih Jenius

Selasa 26 Jan 2021 01:11 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Pelatih West Bromwich Albion, Sam Allardyce.

Pelatih West Bromwich Albion, Sam Allardyce.

Foto: EPA-EFE/Carl Recine
Sam Allardyce berkali-kali menyelamatkan tim dari jeratan degradasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pep Guardiola memuji Sam Allardyce sebagai pelatih yang jenius menjelang pertandingan Manchester City di markas West Bromwich Albion, Rabu (27/1) dini hari WIB. Allardyce mengemban tugas mengangkat the Baggies menjauh dari zona degradasi.

Pelatih City Guardiola mengakui Allardyce memiliki rekam jejak yang bagus dalam hal tindakan penyelamatan tersebut. "Dia mendapatkan hasil yang baik dan buruk, seperti semua orang. Tidak mudah untuk mengambil alih tim selama musim ini, tetapi melawan Wolves, Liverpool dan beberapa klub lain, dia mendapatkan hasil yang baik," kata Guardiola dikutip dari Sportsmole, Senin (25/1).

Baca Juga

Menurutnya, Allardyce  seorang jenius yang bisa membawa tim-tim lepas dari jeratan degradasi ketika semua orang meyakini itu sudah berakhir. Ini bukan sekali dua Allardyce melakukannya.

"Jika itu terjadi sekali, dua kali atau tiga kali, oke, Anda dapat mengatakan itu beruntung. Namun bukan itu masalahnya, karena dia melakukannya, saya tidak tahu berapa kali," jelasnya.

City bermain imbang 1-1 dengan West Brom di kandang bulan lalu. Itu sekaligus pertandingan terakhir Slaven Bilic sebagai pelatih West Brom. Itu juga terakhir kali City kehilangan poin penuh dalam pertandingan Liga Primer Inggris. Sejak itu, mereka telah memenangkan enam laga berturut-turut untuk menjadikan the Citizens sebagai pesaing gelar yang kuat.

"Hasilnya memberi Anda dorongan yang luar biasa, kepercayaan diri yang luar biasa. Terkadang Anda bertanya-tanya apa yang lebih penting, apakah hasilnya membuat Anda bermain bagus atau apakah Anda bermain bagus jika mendapatkan hasil," katanya.

Menurut Guardiola,  keduanya terhubung.  Untuk itu, ia berharap akan meraih hasil positif selanjutnya.

Pelatih asal Spanyol ini enggan membicarakan trofi. Yang dipikirkan City saat ini, kata Guardiola, adalah permainan West Brom di tangan Allardyce.

"Kami mencoba menganalisis kualitas individu, terutama dengan kualitas (Matheus) Pereira, mencoba membuat permainan yang bagus dan mendapatkan kemenangan," kata dia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA